Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

PSSI Akan Selenggarakan Sembilan Event Internasional di 2018 Ini

HARIANACEH.co.id –¬†PSSI akan kebanjiran event sepak bola kategori internasional di Tahun 2018 ini. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap bersinergi dengan PSSI demi menyukseskan sembilan event tersebut.

Seperti dilansir dari Suara.com, Indonesia akan menggelar Piala AFF U-15, Piala AFF U-18, Piala AFF Futsal, Piala AFF Futsal antar klub, Piala AFF Wanita, Piala AFF Wanita U-18, serta sepak bola pantai. Dua event tersisa adalah Asian Games dan Piala Asia U-19.

Advertisement

Advertisement

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PSSI ingin adanya sembilan event ini tidak dijadikan sebagai beban. Sebab, ini merupakan tantangan kepada Indonesia yang harus dihadapi.

“Dikaitkan dengan banyaknya event ini sebenarnya bagi PSSI tidak ingin melihat sebagai sebuah beban. Ini tantangan yang akan diukur dalam perspektif kinerja semata-mata,” kata Joko Driyono dalam acar diskusi bersama PSSI Pers.

“Ini proses yang juga penuh dengan cerita penting. Tentunya menjadi satu bagian dari multievent yang sudah dirancang oleh negara, seperti KOI, Kemenpora, dan sejumlah elemen pendukung. Sepak bola menjadi satu bagian penting dari multicabang yang akan dipertandingkan,” jelasnya.

Selain itu juga, PSSI memiliki beberapa misi dengan adanya sembilan event tersebut. Selain untuk meningkatkan kompetisi, PSSI juga ingin kualitas sepak bola Indonesia bisa lebih maju.

“Misi pertama ingin mengukur development PSSI baik di kompetisi klub maupun nasional, baik itu wanita maupun pria, baik junior maupun senior. AFF ingin notes juga kali pertama seluruh event AFF berada di satu negara.”

“Yang kedua ada misi development. Ini harus mendrive upaya PSSI untuk memotivasi seluruh pembinaan yang ada di tanah air, baik di level pusat PSSI, liga, provinsi, klub, hingga akar rumput karena semua elemen bergerak. Sekurangnya ini akan berlangsung di 3-4 provinsi, Palembang, Jakarta, Jawa Barat, Bali, DIY, Jawa Tengah.”

“Yang ketiga, ingin kita sandingkan bahwa apa pun saat ini sepak bola tidak boleh dilihat sebagai aktivitas olahraga. Berhimpitan dengan ini berdampingan dengan adanya industri. Oleh karenanya saat perdebatan di AFF lumayan ketat untuk meyakinkan teman-teman di AFF apakah PSSI bisa melaksanakan ini, kita melakukan presentasi bahwa kita tak ingin di level senior saja, tapi juga di youth, futsal, beach soccer, women, ini adalah elemen yang bisa berhimpitan dengan industri, indikatornya adalah partnership, sponsorship, media rights dan seterusnya,” pungkas Jokdri.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto mengatakan adanya sembilan ajang tersebut dijadikan kesempatan pihaknya untuk ikut andil. Namun, untuk saat ini Kemenpora masih membiyarkan PSSI bekerja sendiri dahulu.

“Ini kesempatan bagi kami untuk ikut andil juga. Dan bukan berarti apa-apa juga, saya mencoba untuk menahan diri, membiarkan PSSI berjalan dengan sendiri dulu,” ujar Gatot.

“Dan yang kedua, saya sifatnya pasif kalau ditanya baru menjawab dan kalau dituntut supaya aktif saya mencoba mengurangi. Bukan dilarang oleh Pak Menteri, tidak, karena beliau tetap memberikan kewenangan penuh dan di luar itu juga karena ada kesibukan Asian Games,” jelasnya.

Bukan tanpa alasan Kemenpora saat ini belum terlihat pergerakannya. Sebab, saat ini pihaknya tengah fokus untuk Asian Games 2018 di mana sepak bola juga terlibat di ajang tersebut.

“Apa yang disampaikan Pak Joko (Driyono) itu dalam gambaran pada 2018 ini sudah realistis dan bukan kali ini saja kami dengar juga. Saat Pak Joko dan Bu Tisha menghadap Pak Menteri, Pak Joko sudah memberikan paparan target PSSI menghadapi AFF di kelompok usia, Piala Asia seperti apa.”

“Poinnya adalah, kami paham bahwa proses itu tengah berjalan dan membantu menyampaikan kepada publik. Tapi untuk bisa mendapatkan target tentu berproses agar tidak mendapatkan sesuatu secara instant,” pungkas Gatot.[]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya