.

Wali Kota Langsa: Kewajiban Pemerintah Melayani Rakyat

2 min


61
49 shares, 61 poin

HARIANACEH.co.id, Langsa – Wali Kota Langsa, Usman Abdullah mengatakan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk melayani rakyat dengan baik dan prima.

“Sebagai aparatur pemerintah tugas kita adalah melayani dan menjadi pelayan bagi masyarakat sebagai majikan kita,” sebut Usman Abdullah di Langsa, Kamis.

Pernyataan ini dilontarkan orang nomor satu di Kota Langsa menyusul adanya laporan masyarakat, bahwa ada pasien yang dipulangkan oleh petugas RSUD Langsa beberapa waktu lalu.

Mendapat laporan tersebut, Wali Kota Usman Abdullah langsung melakukan Sidak ke RSUD setempat, Rabu (18/4). Dalam Sidak tersebut, Toke Su’um—sapaan Usman Abdullah, meminta petugas kesehatan untuk bekerja dengan nurani dan memperlakukan semua pasien tanpa ada perbedaan.

“Bekerjalah dengan baik dan gunakan nurani, karena prinsipnya baik PNS maupun wali kota adalah pelayan masyarakat,” kata wali kota.

Pada saat Sidak tersebut, Wali Kota Usman Abdullah terpancing emosinya sehingga melontarkan kata-kata makian kepada oknum perawat di RSUD Langsa.

Aksi wali kota terekam dalam sebuah video yang kemudian tersebar disejumlah media sosial sehingga mendapat beragam tanggapan dari nitizen.

Bahkan, Ketua Bidang Teknologi dan Informasi LSM Geumaseh, Fahmy M Al Asyi dalam rilisnya yang diterima wartawan, menyayangkan sikap wali kota yang dinilai latah dan gegabah sehingga melontarkan kata-kata tak pantas terhadap perawat di RSUD setempat.

“Seharusnya sebagai wali kota, beliau mampu mencerminkan seorang pemimpin yang bijak terhadap rakyatnya dengan memanggil pihak yang terlibat baik pelapor maupun terlapor untuk mencari duduk pekara yang jelas,” tulisnya dalam rilis Rabu malam.

Pihaknya, meminta Wali Kota Langsa untuk meminta maaf atas pelecehan terhadap profesi perawat. Karena perawat hanya bertugas merawat pasien, sedangkan tanggung jawab terhadap pasien berada ditangan dokter yang menanganinya.

Sementara, Wali Kota Usman Abdullah, Kamis pagi, kembali mendatangi RSUD Langsa guna menyampaikan permintaan maaf kepada perawat yang sempat dimarahinya pada Rabu kemarin.

“Saya minta mamaf apabila ada terlontar kata-kata kasar kemarin, itu karena reaksi atas laporan masyarakat tersebut,” ujar Usman Abdullah.

Ia meminta kepada seluruh petugas kesehatan di RSUD Langsa untuk bekerja sesuai tugas dan fungsinya serta menjunjung tinggi rasa kemanusiaan.

Sebelumnya, dr Yuri yang merupakan penanggungjawab terhadap pasien yang dipulangkan merilis keterangannya bahwa pasien tersebut masuk dan dirawat selama satu malam.

Kemudian, setelah diperiksa atau melakukan assesment pasien tidak ada kegawatdaruratan untuk dirawat dibagian jantung.

Sehingga, lanjutnya, pasien tersebut dipulangkan karena berdasarkan hasil EKG, X-Ray, Laboratorium dan pemeriksaan fisik dalam batas normal.

“Pada saat saya pulangkan sudah informed consent ke pasien dan keluarganya. Pada saat itu tidak ada komplain dari pihak pasien,” jelasnya.

Sebagai dokter, Yuri mengaku sudah melakukan tugasnya sebagaimana prosedur yang berlaku. Ia juga meminta maaf apabila atas tindakannya tersebut telah merugikan banyak pihak.

Anggota DPRK Langsa, Syamsuri yang turut  saat wali kota melakukan permintaan maaf kepada salah perawat di RSUD setempat menyampaikan rasa bangganya atas sikap Usman Abdullah yang berjiwa besar.

“Ini sudah selesai. Terima kasih Pak Wali dengan berjiwa besar meminta maaf kepada saudari Akliyah, perawat yang sempat dimarahi kemarin,” tutur politisi NasDem yang juga Ketua PPNI Kota Langsa ini.[]

0/5 (0 Reviews)

Komentar


Apa Reaksi Anda?

Marah
4
Marah
Suka Suka
6
Suka
Takjub Takjub
5
Takjub
Kaget Kaget
4
Kaget
Takut Takut
2
Takut
Lucu Lucu
1
Lucu
Sedih Sedih
12
Sedih
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Gif
GIF format