.

Dikjut Ekowisata, MAHAPASTI Praktik Penelitian

1 min


53
12 shares, 53 poin

HARIANACEH.co.id, Yogyakarta – Mahasiswa Pencinta Alam Stipram (MAHAPASTI) melakukan praktik penelitian lapangan di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta, Minggu kemarin (22/4).

Kegiatan yang digelar bertepatan dengan Hari Bumi ini merupakan rangkaian acara Pendidikan Lanjut (Dikjut) Divisi Ekowisata Angkatan Ke-3.

Dikjut GAP Lesehan

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada Dikjut Lapangan Ekowisata adalah pengumpulan data terkait dengan kearifan lokal yang ada di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran. Kegiatan dimulai pukul 09.45 didampingi Eko Sugiarto, dosen Ekowisata STIPRAM.

Pendidikan Lanjut Ekowisata Angkatan Ke-3 ini mengusung tema kearifan lokal di jalur pendakian Gunung Api Purba Nglanggeran. Alasan mengusung tema kearifan lokal adalah karena kearifan lokal merupakan salah satu unsur yang penting dalam Ekowisata yang mengedepankan konservasi lingkungan. Kearifan lokal adalah bagian dari budaya yang merupakan salah satu dari tiga komponen lingkungan, yaitu komponen abiotic, biotic, dan culture.

“Sebagai mahasiswa pencinta alam, kami harus peka terhadap hal yang berkaitan dengan lingkungan dan pariwisata karena kami menimba ilmu di kampus pariwisata. Kami mengetahui bahwa ada sisi lain dari pariwisata berupa dampak buruk terhadap lingkungan. Saya kira Ekowisata bisa menjadi salah satu alternatif solusi atas dampak buruk tersebut,” kata Pijen dalam keterangan tertulisnya yang diterima HARIANACEH.co.id yang juga panitia dalam kegiatan ini.

Gembul, salah satu anggota penuh MAHAPASTI, menyatakan bahwa kearifan lokal merupakan salah satu hal yang menarik dalam pariwisata.

“Kita jadi tahu bahwa kearifan lokal bisa jadi daya tarik di suatu destinasi wisata, khususnya ekowisata,” tuturnya.

Salah satu peserta kegiatan Dikjut Ekowisata, Bendung, mengatakan bahwa kegiatan ini menarik.

Dia mengaku mendapat manfaat berupa pengalaman baru dari kegiatan ini, antara lain menjadi paham tentang cara survei lokasi serta memahami kondisi di lapangan.

Dikjut kali ini diikuti oleh 22 anggota, terdiri dari 11 peserta dikjut dan 11 anggota penuh. Kegiatan ini merupakan tahap kedua setelah dikjut ruangan.[]

0/5 (0 Reviews)

Komentar


Apa Reaksi Anda?

Marah
12
Marah
Suka Suka
1
Suka
Takjub Takjub
13
Takjub
Kaget Kaget
12
Kaget
Takut Takut
10
Takut
Lucu Lucu
9
Lucu
Sedih Sedih
6
Sedih
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Gif
GIF format