Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Bakti Sosial: EMPATI, Gerakan Mahasiswa Psikologi Mengabdi

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – Dewasa ini, berbagai masalah sosial dan informasi seputar kesehatan mental masih jauh dari kata diperhatikan, bahkan dihiraukan oleh masyarakat secara umum.

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala terus melakukan berbagai upaya untuk menangani permasalahan ini, baik secara akademis maupun non akademis. Secara akademis, Program Studi Psikologi turut aktif dalam melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat tentang kesehatan mental.

Advertisement

Advertisement

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu menguasai berbagai teori tentang kesehatan mental dan ilmu psikologi lainnya sehingga mampu menerapkan ilmu ini di dalam masyarakat.

Sejalan dengan bidang akademis, telah dilakukan berbagai kegiatan non akademis yang bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Aceh. Kegiatan non akademis yang akan dilakukan yaitu EMPATI (Gerakan Mahasiswa Psikologi Mengabdi) 2018 dengan tema “Saboh Langkah Ubeut Keu Aceh Nyang Leubeh Seujahtera”.

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala telah mengalami kemajuan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Kemajuan ini tampak terlihat dari keberhasilan yang telah dicapai oleh civitas akademika Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia baik dalam hal akademik maupun non akademik.

Sebagai Institusi Pendidikan Tinggi, Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala memiliki 3 (tiga) tugas utama yang harus diemban yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang disebutkan di atas, Program Studi Psikologi melalui Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) berusaha melakukan berbagai upaya preventif dan edukatif untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat Aceh sehingga tercapai taraf kesehatan mental masyarakat yang baik.

Usaha-usaha ini tercermin dalam program pengabdian masyarakat dalam berbagai bentuk, diantaranya sosialisasi sebagai langkah pencegahan, edukasi terhadap masyarakat dalam menanggapi isu-isu yang berkembang, serta impact berupa pengetahuan yang dapat diteruskan secara mandiri oleh masyarakat.

Empati 2018

Kali ini, EMPATI melakukan aksi keduanya setelah sukses tahun lalu di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Besar. Akan ada beberapa rangkaian acara dalam kegiatan ini seperti:

  • Pahlawan Bagi Diri Sendiri
  • Psikoedukasi: Berani Tampil Hebat
  • Psikoedukasi: Motivasi Berprestasi
  • Lomba Hafalan Surah Pendek
  • Psikoedukasi: Cerdas Sebagai orangtua
  • Lomba Volley
  • Psychocreative: Kreasi Tangan Ibu
  • Psikogames

Bakti sosial ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar tempat pelaksanaan EMPATI 2018, sebagaimana yang diutarakan Habib Muztofa (mahasiswa Psikologi 2016) sebagai ketua panitia.

Kegiatan ini melibatkan kurang lebih 46 mahasiswa Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran UNSYIAH yang berpusat di Gampong Limo Blang dan gampong Pasar Indrapuri, Kecamatan Indrapuri, Kab. Aceh Besar.[*]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya