Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Cetak Generasi Pemimpin Islami, Abu Mudi Duduk Bareng Rektor Unsyiah, Kadis Pendidikan Dayah Aceh dan Sulaiman Abda

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – Abu Mudi, Pimpinan Dayah Mudi Mesra berkesempatan ngopi di Bin Ahmad Cafe dengan Rektor Unsyiah, Prof. DR. Ir. Samsul Rizal, M.Eng,  Wakil Ketua I DPR Aceh, Drs. H. Sulaiman Abda M.Si dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Propinsi Aceh,  Dr. Bustami Usman, SH., SAP., M.Si pada Kamis (26/04/2018).

Abu Mudi dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa ia prihatin terhadap pendidikan agama khususnya pendidikan Islam di Propinsi bersyariat ini. Ia melihat bahwa Pendidikan Agama Islam dewasa ini terkesan mulai tergerus akibat modernitas yang banyak mempengaruhi wilayah kehidupan warga Aceh. Apalagi pengaruh perkembangan teknologi yang semakin cepat. Kekhawatiran ini ia ungkapkan dihadapan Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Propinsi Aceh,  Dr. Bustami Usman, SH., SAP., M.Si serta Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) yang juga Wakil I Ketua DPR Aceh, Drs. H. Sulaiman Abda, M.Si.

“Saya merasa khawatir dewasa ini dengan lemahnya pendidikan agama Islam di Aceh, perlu perhatian yang lebih khusus dalam melihat masa depan generasi kita kedepan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, generasi itu bisa kita jangkau dengan melihat mahasiswa-mahasiswa yang saat ini berada di berbagai universitas yang ada di Aceh.

“Banyak mahasiswa yang mungkin saja sampai saat ini masih belum mampu membaca Al Qur’an dengan baik bahkan saat membacanya saja masih terbata-bata apalagi ketika harus memahami kandungan Al Qur’an itu sendiri, dan ini menjadi ironis bagi kita ketika suatu saat para mahasiswa ini menjadi pemimpin kita,” sambungnya lagi.

Ia berharap kepada Rektor Unsyiah agar dapat memperhatikan keadaan yang saat ini dialami oleh generasi Aceh.

Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal M.Eng menyambut baik pandangan yang disampaikan oleh Pendiri dan juga Pimpinan Dayah Mudi Mesra ini. Orang nomor satu di Universitas Syiah Kuala ini juga menilai hal yang sama dengan kondisi yang terjadi dewasa ini di Aceh. Ia menuturkan bahwa perlu adanya kehadiran dan keterlibatan peran ulama di dunia akademis. Samsul Rizal bersepakat untuk mengajak para Ulama Aceh khususnya Abu Mudi untuk memberikan kuliah umum dalam rangka menciptakan generasi Pemimpin Aceh yang amanah dan ta’at kepada agamanya.

Berita Terkait

Pada kesempatan tersebut pula, Sulaiman Abda, Ketua IKA Unsyiah yang juga Wakil I Ketua DPR Aceh ini ikut menyampaikan apresiasi dan pandangannya dengan kondisi keadaan kepemimpinan dewasa ini di Aceh, kata dia, bahwa dalam rangka mencetak kader-kader kedepan, ia sangat berharap ulama-ulama Aceh terlibat dalam memimpin Aceh.

“Abu Mudi sudah mendirikan sebuah lab yang nantinya diharapkan dapat berfungsi untuk mencetak kader-kader pemimpin Aceh, maka dari itu saya berharap agar setiap alumni Dayah Mudi Mesra baik itu yang sudah menyelesaikan pendidikan S1, S2 dari Unsyiah, UIN Ar-Raniry atau universitas-universitas lainnya yang ada di Aceh, mau terlibat di partai politik, Apakah nantinya menjadi anggota DPR, Akademisi, Birokrat ataupun pengusaha,” terang Ketua IKA yang juga alumni Dayah di Pidie.

Ia juga menambahkan, merasa bangga dan sekaligus mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Abu Mudi.

“Saya adalah hasil cetakan Dayah, saya terlibat di politik dan saat ini saya sudah berkiprah menjadi anggota DPR Aceh, kita butuh generasi kedepannya yang dapat memimpin Aceh dan memiliki keilmuan khusus Agama yang mumpuni,” ujar Sulaiman Abda.

Kepada HARIANACEH.co.id Abu Mudi juga menuturkan, bahwa Dayah Mudi Mesra juga telah berhasil meluluskan alumninya yang kemudian melanjutkan pendidikannya ke luar Aceh dan bahkan sudah sampai di Luar Negeri seperti Suriah, Yaman, Mesir dan lain-lainnya di belahan dunia ini.

“Sudah banyak dari murid-murid saya yang kemudian melanjutkan pendidikannya sampai ke Timur Tengah, Saya berharap mereka bermanfaat bagi Aceh dan terus mendidik generasi-generasi selanjutnya yang memiliki pengetahuan agama Islam yang kuat,” harap Abu Mudi.

Saat ditanyakan HARIANACEH.co.id jumlah Alumni Dayah Mudi Mesra, Abu Mudi menyebutkan ada ribuan alumni Dayah Mudi Mesra yang sudah menyebar di seluruh Aceh dan berperan diberbagai bidang di Aceh saat ini.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya