Potensi Wisata Paya Nie Jika Dikembangkan Bisa Seperti Thale Noi, Thailand

2 min


81
27 shares, 81 poin
Objek wisata Paya Nie
Ekosistem Air Tawar yang berada di Objek wisata Paya Nie, Bireuen, Aceh, Indonesia. FOTO/Mulkan Kautsar

Oleh: Mulkan Kautsar1

BERBICARA tentang Bireuen tidak hanya terkenal sebagai kota juang maupun sebagai kabupaten yang strategis karena berada diantara jalur lintas utara dan menjadi pintu masuk ke dataran tinggi Gayo.

Bireuen juga terkenal dengan wisatanya, terutama wisata kuliner. Sebut saja seperti Sate Matang, Mie Pangsit, Bu sie itek sampai rujak manis Kutablang yang telah dikenal luas. Namun dibalik semua itu, ternyata Bireuen juga memiliki potensi alam yang layak dikembangkan menjadi objek wisata. Diantara objek tersebut yaitu Paya nie yang teletak di Kecamatan Kutablang.

Paya Nie merupakan sebuah ekosistem air tawar yang menyimpan banyak misteri. Di tempat ini terkenal dengan Legenda Nyak Nie sebagai asal-usul terbentuknya Paya Nie sampai cerita mengenai harta yang terpendam didalamnya.

Paya Nie telah menjadi habitat hidup bagi bebagai jenis flora dan fauna perairan darat. Diantaranya yaitu flora teratai dan fauna burung kuntul. Kedua flora dan fauna ini mengingatkan pada Thale Noi di Provinsi Phattalung, Thailand bagian selatan.

Advertisements

Thale Noi sebagai ekosistem perairan darat telah dikembangkan menjadi objek wisata alam terkenal di Thailand selatan dengan teratai sebagai primadonanya. Bunga teratai merupakan bunga yang menjadi kebanggan negara Thailand yang akan mekar pada pagi hari.

Oleh karena itu, maka wisatawan harus pergi ke tempat ini pada pagi hari untuk menikmati keindahan Thale Noi dengan hamparan bunga teratai yang berwarna merah dan putih. Wisatawan dapat mengarungi Thale Noi menggunakan perahu dengan membayar 100 Bhat/orang. Dengan harga tersebut, wisatawan akan puas diajak mengelilingi Thale noi dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Sama seperti Thale Noi, Paya Nie juga memiliki potensi yang sama untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Apalagi Paya Nie ditumbuhi oleh teratai dan eceng gondok yang telah memenuhi sebagian permukaan air. Ditambah lagi burung kuntul yang mencari makan di Paya Nie menjadi daya tari tersendiri. Dengan demikian, perahu yang selama ini hanya dimanfaatkan oleh warga untuk mencari ikan kini juga dapat dimanfaatkan untuk membawa wisatawan mengarungi keindahan Paya Nie.

Menjadikan Paya Nie seperti Thale Noi membutuhkan kesiapan dari pemerintah dan masyarakat setempat. Apalagi menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap potensi wisata masih menjadi tugas besar pihak terkait. Ditambah perlunya sarana dan prasarana di sekitar lokasi untuk meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan, terutama jalan sebagai akses utama.

Advertisements

Saat ini kondisi jalan di sekitar Paya Nie sebagian besar belum teraspal sehingga tidak memberi kenyamanan bagi kendaraan yang melaluinya. Kondisi demikian semakin diperparah dengan jalan yang berlubang dikarenakan sering dilewati kendaraan pengangkut hasil panen.

Apabila pemerintah Kabupaten ingin menjadikan Bireuen sebagai destinasi wisata terkenal, maka diperlukan banyak pengembangan dari objek wisata yang telah ada, Paya Nie salah satunya.

Melalui pemanfaatan Paya Nie sebagai objek wisata maka tidak hanya memberikan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar, tetapi juga meningkatkan pendapatan daerah.

Walau demikian, Paya Nie juga tetap harus dijaga kebersihan dan kelestariannya karena tempat ini menjadi lumbung kehidupan bagi berbagai flora dan fauna yang ada. Apabila hal tersebut tidak mampu dijaga, maka akan merusak Paya Nie sebagai salah satu sumber kehidupan bagi masayarakat sekitar.[]

 

Advertisements
  1. Penulis adalah Traveler, berdomisli di Gampong Pante Pisang, Jalan Medan – Banda Aceh, Kec. Peusangan, Bireuen

Bagikan ke teman anda!

81
27 shares, 81 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
26
Suka
Takjub Takjub
24
Takjub
Kaget Kaget
21
Kaget
Takut Takut
18
Takut
Lucu Lucu
16
Lucu
Sedih Sedih
10
Sedih
Marah Marah
8
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns