Menelusuri Budaya Korea Selatan di Pustaka Universitas Syiah Kuala

2 min


KOREA SELATAN merupakan sebuah negara di Asia yang telah berhasil berdiri sejajar dengan negara-negara di Eropa dan Amerika dalam bidang kemajuan ekonomi dan teknologi.

Negara kecil berjuluk macan asia ini mampu membangun nama besarnya di mata dunia melalui berbagai produk domestik yang diekspor ke berbagai penjuru dunia. Sebut saja seperti Samsung, produk berjenis teknologi ini mampu menguasai pasar dunia dengan semua kelebihannya. Sebuah tempat yang sangat tinggi bagi produk asia yang bisa mengalahkan raksasa teknologi dari negara negara maju di benua lainnya.

Tidak hanya itu, industri hiburan Korea Selatan juga mampu menghipnotis banyak remaja di berbagai belahan dunia dengan K-Pop dan K-Drama yang menghadirkan artis artis korea dengan fisik yang menarik.

Industri hiburan Korea Selatan yang berkembang pesat ternyata juga berimbas pada peningkatan popularitas negeri ginseng ini dalam berbagai hal. Hal-hal yang berbau Korea Selatan seperti baju, makanan, sampai bahasa dan wisata menjadi sangat mudah diketahui sekarang ini.

Globalisasi yang telah menembuh batas batas administrasi antar negara telah berhasil mengantarkan informasi tentang Korea Selatan ke Indonesia, bahkan Aceh. Remaja di Aceh dengan mudahnya menghafal nama artis dan lagu lagu berbahasa Korea Selatan hasil dari industri hiburannya.

Pustaka Unsyiah sebagai perpustakaan yang berkonsep ‘More Than Just a Library” mengambil peran populernya Korea Selatan di mata para kaum muda di Aceh. Dengan hadirnya Korea corner di lantai 3 Pustaka Unsyiah, kini pengunjung bisa lebih mudah melihat keunikan Korea dari dekat.

Korean Corner, Perpustakaan Unsyiah
Korea Corner yang berada di Perpustakaan Unsyiah. FOTO/Mulkan Kautsar

Berbagai koleksi seperti baju, alat musik, lukisan sampai buku yang menceritakan keindahan korea turut melengkapi fasilitas ini. Seperti diketahui, Korea corner merupakan fasilitas hasil kerjasama antara Universitas Syiah Kuala dengan University of the nations Jeju di Korea yang dibuat sejak pada tahun 2011.

Korea corner menjadi salah satu tempat yang paling menarik perhatian bagi para mahasiswa, terutama remaja putri. Hal ini juga tercermin dari antusiasme mahasiswa baru yang masuk ke pustaka. Selain itu keberadaan Korea corner di Pustaka Unsyiah juga mendapatkan kekaguman dari tamu kampus atas keberhasilan Pustaka menghadirkan pusat informasi negara Korea di Unsyiah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hingga saat ini kepopuleran Korea Selatan masih belum meredup. Keingintahuan masyarakat tentang negara tersebut juga semakin besar.

Korea corner telah hadir untuk menjawab berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tidak hanya untuk mahasiswa Unsyiah saja, karena Pustaka Unsyiah sebagai bagian dari Kampus Jantong Hate Rakyat Aceh terbuka untuk masyarakat luas. Sama seperti apa yang tertulis di depan gedung Pustaka Unsyiah, “Knowledge is free at our library, just bring your own container”.

0/5 (0 Reviews)

Komentar


Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
13
Suka
Takjub Takjub
12
Takjub
Kaget Kaget
10
Kaget
Takut Takut
9
Takut
Lucu Lucu
8
Lucu
Sedih Sedih
5
Sedih
Marah Marah
4
Marah
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Gif
GIF format