Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Begini Cara Mengatasi Payudara Yang Nyeri dan Sensitif Saat Hamil

HARIANACEH.co.id – Payudara sensitif dan nyeri adalah salah satu kondisi yang dialami saat hamil. Biasanya keluhan yang umum terjadi ini menyerang selama trimester pertama dan bisa bertahan sepanjang masa kehamilan Anda.

Payudara akan terasa sakit atau nyeri saat tersentuh, menyulitkan Anda untuk menghadap ke samping saat tidur dan bahkan membuat Anda terasa sakit saat memakai pakaian ketika mengangkat lengan.

Alasan di balik payudara nyeri selama kehamilan adalah karena tubuh sedang mempersiapkan diri untuk memungkinkan menyusui setelah bayi lahir. Lapisan lemak di dalam payudara mengental dan kelenjar susu mulai berkembang.

Aliran darah meningkat. Anda juga dapat melihat bahwa puting mulai berubah warna yang lebih gelap, serta perubahan ukuran dan bentuk. Area di sekitar puting atau areola juga berubah menjadi lebih gelap.

Semua perubahan inilah yang bertanggung jawab dalam membuat payudara sangat sakit dan sensitif terhadap sentuhan ringan. Sebagian besar waktu, rasa sakit payudara berkurang saat Anda melanjutkan ke kehamilan Anda.

Nah berikut langkah-langkah yang dapat membantu meredakan nyeri payudara Anda dilansir Boldsky.

Pemilihan jenis bra

Mengenakan bra yang mendukung seperti bra olahraga sangat disarankan selama beberapa minggu pertama kehamilan. Mendukung payudara dengan baik dapat mengurangi ketidaknyamanan.

Pastikan Anda mendapatkan bra yang pas. Hanya bra yang pas akan memastikan rasa sakit akan berkurang dan payudara lebih terasa nyaman. Ukuran payudara Anda terus berubah sepanjang kehamilan Anda.

Oleh karena itu, penting untuk terus mengganti bra Anda juga, saat Anda melanjutkan kehamilan.

Pilih bra berbahan katun

Saat tidur, Anda dapat memilih untuk memakai bra hamil dengan bahan katun.

Minum air

Payudara nyeri dapat diperburuk karena retensi air. Untuk menyiram tubuh yang butuh banyak cairan saat hamil, pastikan bahwa Anda terus minum banyak air sepanjang hari. Gejala-gejala hormonal seperti nyeri payudara dapat dikurangi dengan asupan air yang telah ditambahkan lemon, adas, bentonit atau jahe.

Minimalkan asupan natrium

Pengurangan sementara asupan natrium ternyata efektif untuk mengatasi payudara nyeri. Meskipun konsumsi garam penting selama kehamilan untuk membangun volume darah, Anda dapat meminimalkan asupan jika gejala nyeri payudara menurun.

Makanan bergizi

Anda dapat meringankan sakit payudara dengan asupan makanan bergizi. Pastikan Anda memiliki diet yang kaya mineral dan vitamin. Nyeri payudara terlihat berkurang dengan asupan sayuran berdaun hijau, biji-bijian, biji-bijian dan kacang-kacangan setiap hari.

Handuk hangat

Pembengkakan dan nyeri payudara dapat dikurangi dengan meningkatkan sirkulasi darah di sekitar area tersebut. Ini bisa dilakukan dengan menutup payudara dengan handuk hangat dan basah. Lakukan ini selama 10 hingga 15 menit dan Anda pasti akan mendapatkan banyak bantuan.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya