Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Kepala Dinas DPMPTSP: Minat Investasi di Aceh Masih Tinggi

HARIANACEH.co.id, Banda Aceh – Gairah minat para investor untuk berinvestasi di Aceh masih tinggi, hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Ir. Iskandar, MSc pada Rabu (3/05/2018).

Ia menuturkan, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kunjungan calon investor ke Aceh untuk melihat langsung potensi usaha yang tersedia, khususnya di bidang industri yang ada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe dan bidang pariwisata lainnya di propinsi Aceh.

Advertisement

Advertisement

Kata dia, meningkatnya minat investasi tersebut disebabkan oleh faktor keamanan yang kondusif, sumber daya manusia yang memadai dan tingkat pertumbuhan ekonomi yang mengalami peningkatan pada tahun 2017, yaitu sebesar 4,19 persen.

Iskandar juga menambahkan, faktor ketersediaan sumber daya manusia yang memadai juga menjadi pendukung terhadap meningkatnya minat investor di Aceh dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 70.60, yang sedikit lebih tinggi dibandingkan angka pada propinsi lainnya di Sumatra.

“Peningkatan minat investasi ini menunjukkan bahwa iklim investasi di Aceh sudah semakin membaik dan kepercayaan investor terhadap prospek perekonomian Aceh ke depan yang kian meningkat,” kata Iskandar, Rabu (2/5/2018).

Investasi di Aceh Ciptakan 19,5 Ribu Lapangan Kerja

Menurut Iskandar, pihaknya sejak Juli 2017 sehingga dengan Maret 2018 telah mengeluarkan izin dan rekomendasi investasi sebanyak 2118 di bidang investasi non sumber daya alam dan 1131 izin di bidang investasi sumber daya alam.

Pada kurun waktu yang sama, menurut data dari DPMPTSP Aceh, investasi di Aceh telah menciptakan sebanyak 19.426 lapangan pekerjaan yang mayoritas diisi oleh para pekerja lokal dari Aceh.

Pemerintah Aceh menurut Iskandar memiliki komitmen serius untuk mempermudah segala urusan yang menyangkut dengan perizinan bagi calon investor yang ingin melakukan usaha di Aceh.

Hal tersebut diwujudkan dengan melakukan harmonisasi kebijakan baik di tingkat nasional, propinsi dan kabupaten terkait dengan percepatan prosedur investasi.

KEK Arun Lhokseumawe Siap Beroperasi

Selain itu, Iskandar menuturkan telah mempersiapkan kelengkapan administrator dari pemerintah di KEK Arun Lhokseumawe sehingga proses perizinan dan hal lainnya terkait investasi dapat dilakukan secara satu pintu di Kantor Administrator KEK Arun Lhokseumawe.

Untuk KEK Arun Lhokseumawe, Iskandar mengatakan pihaknya telah mendapatkan pendelegasian kewenangan untuk sejumlah izin yang sebelumnya dikeluarkan oleh pemerintah pusat, namun kini dapat dikeluarkan oleh Administrator KEK, termasuk diantaranya izin untuk Angka Pengenal Importir Produsen (API-P), Surat Persetujuan Ekspor Kopi dan permohonan untuk Eksportir Terdaftar Kopi (ETK)

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Kementerian Perdagangan RI, No. 34, Tahun 2018 mengenai Pendelegasian Kewenangan Penerbitan Perizinan di Bidang Perdagangan kepada Administrator Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe.

“Dengan adanya delegasi kewenangan tersebut sekarang pengusaha Aceh dapat langsung mengajukan izin ekspor dan melakukan kegiatan ekspor langsung melalui pelabuhan yang ada dalam kawasan KEK Arun Lhokseumawe, tidak lagi harus melalui Pelabuhan Belawan,” ungkapnya.

Untuk mendukung aktivitas perkonomian di Aceh, terutama di kawasan-kawasan industri yang tersebar di Aceh, pemerintah saat ini sedang membangun penambahan kapasitas serta percepatan perbaikan sarana dan prasarana pelabuhan utama di Aceh.

Disamping itu, pihaknya turut mempromosikan sektor pariwisata yang merupakan bidang unggulan untuk mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian Aceh dengan menetapkan daerah Banda Aceh, Pulau Weh, Simeulue, Takengon, Tangkahan dan Leuser sebagai kawasan wisata strategis Aceh.[]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya