Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Beginilah Bentuk Buah Simalakama Yang Kerap Digunakan Namanya Dalam Percakapan Sehari-hari

HARIANACEH.co.id – Dalam pepatah, kata buah simalakama sudah sering kita dengar. Namun, tahukah Anda bagaimana wujud buah ini yang sebenarnya?

Jika tidak tahu, berikut penjelasannya:

Tanaman Obat di Indonesia

Buah simalakama adalah nama lain dari buah mahkota dewa (Phaleria macrocarpa). Di Indonesia, buah simalakama dikenal sebagai salah satu tanaman obat. Konon, buah ini banyak tumbuh di daerah Sumatra.

Karena dulunya masih menggunakan bahasa Melayu, jadinya sering disebut dengan buah simalakama, yang merupakan bahasa Malaysia untuk menyebutkan buah ini.

Nama Lain Buah Simalakama

Selain buah mahkota dewa dan simalakama, buah ini memiliki banyak nama lain. Di Jawa, orang sering menyebutnya dengan nama makutadewa, makutamewo, makutoratu atau makurojo.

Nama lain untuk menyebut buah ini adalah obat dewa, pau (obat pusaka), crown of god, dan boh anggota dewan.

Bentuk Tanaman dan Buah Simalakama

Tanaman atau pohon simalakama seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi sekitar 3 meter.

Buahnya berbentuk bulat berwarna merah menyala dengan diameter 3-6 cm. Daging buahnya berwarna putih dengan sedikit sabuk, seperti yang terdapat pada buah kelapa.

Buah ini memiliki kemampuan untuk berubah warna di masa pertumbuhannya. Dari yang awalnya berwarna hijau, berubah menjadi ungu, dan kemudian menjadi berwarna merah saat matang.

Khasiat Buah Simalakama

Dalam buah simalakama terkandung beberapa zat aktif yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti, zat alkaloid, saponin, falavonoid, dan polifenol.

Buah simalakama berkhasiat menghilangkan racun dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagai antialergi (histamin), sebagai antiradang, dan mengurangi kadar risiko penyakit jantung koroner.

Meski memiliki manfaat tertentu, dalam pengolahannya kita perlu hati-hati. Sebab buah simalakama mengandung kadar racun yang tinggi.

Racun yang terkandung dalam buah simalakama bisa menyebabkan sariawan di mulut. (Intisari)

Buah Simalakama
Buah Simalakama. FOTO/Google Image
Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya