Dirjen Pendis: Kemenag Turut Membantu Ubah Status STAIN Menjadi IAIN

1 min


75
14 shares, 75 poin
Dirjen Pendis: Kemenag Turut Membantu Ubah Status STAIN Menjadi IAIN
Terlihat-Prof-Kamaruddin.MA-sedang-menyampaikan-kuliah-umum-di-STAIN-TDM.-HARIANACEH.co_.id

 

HARIANACEH.co.id, Meulaboh- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia,  Prof Dr  Phil Kamaruddin Amin, MA, pada kesempatan Kuliah Umum di STAIN Meulaboh, selasa (08/05/18)  mengatakan. bahwa Kementerian Agama juga turut membantu perubahan status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) TDM menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) pada tahun 2019 mendatang.

Menurutnya,  Kementerian Agama RI sepuluh tahun terakhir telah berhasil  mengubah 30 STAIN menjadi IAIN dan 14 IAIN menjadi UIN di seluruh Indonesia, Meski demikian. Kamaruddin mengingatkan, kulitas tetap yang utama.

Advertisements

“Kita menargetkan pada tahun 2019 nanti, semua STAIN sudah menjadi IAIN. Jadi tidak ada lagi STAIN, kecuali Perguruan Tinggi Agama Islam yang baru dibangun,” tegas Kamaruddin.

Dikatakan Kamaruddin, hal tersebut menjadi instrumen untuk memberikan akses pelayanan pendidikan tinggi bagi masyarakat. Karena Indonesia adalah negara yang sangat luar biasa dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi.

“Kita tidak boleh hanya memberikan aksesnya saja terhadap masyarakat, yang tak kalah pentingnya adalah SDM dosen juga harus bagus. Kalau mau mahasiswanya bermutu, tentu dosennya juga harus berkualitas dan potensial,” kata Kamaruddin mengingatkan.

Advertisements

Ia berpesan, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh  harus mampu menjamin mutu dan kualitas pendidikan. Meski berada di daerah, namun harus memiliki kualitas dan mutu berstandar internasional. Itu yang kita harapkan.

“Meski belajarnya di Meulaboh, tapi referensinya itu berstandar internasional. Baca buku internasional, tapi kita kaji di STAIN Meulaboh. Sehingga  belajar di sini sama saja seperti di perguruan tinggi terbaik di dunia. Mahasiswa meulaboh rasa internasional,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua STAIN Teungku Dirudeng Meulaboh, Dr Syamsuar, M.Ag menyampaikan, saat ini pihak kampus sedang bersiap untuk beralih status dari STAIN menjadi IAIN. “Tahun ini, kita telah diberi anggaran sebesar Rp 26 miliar untuk pembangunan tiga gedung baru,” ujarnya.

Advertisements

Kuliah umum dengan tema “Aceh Role Model Islam Moderat dan Toleran Dunia” tersebut turut dihadiri Bupati Aceh Barat yang diwakili Asisten II, Marhaban,SE, Kepala Kemenag Barsela, guru Madrasah, dosen dan mahasiswa.[]

Advertisements

Bagikan ke teman anda!

75
14 shares, 75 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
0
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns