HARIAN ACEH INDONESIA

Prestasi Generasi Abdya Buruk, Catatan Awal Era Akmal-Muslizar

2 min


69
50 shares, 69 poin
Prestasi Generasi Abdya Buruk, Catatan Awal Era Akmal-Muslizar
Bupati Abdya Akmal Ibrahim dan Wakil Bupati. FOTO : Internet/ Facebook

HARIANACEH.co.id, BLANGPIDIE — Ini bukan karangan fiksi atau hayalan belaka, bukan juga hikayat lama, tetapi sebuah fakta yang bisa jadi mengejutkan. Lihatlah, untuk tahun ini, Aceh Barat Daya (Abdya) belum mendulang prestasi yang membangakan jika tak elok disebut buruk di Bidang Olahraga.

Itu sebabnya, Pemerintah Abdya dibawah kepemimpinan Bupati Abdya Akmal Ibrahim dan Muslizar MT diminta untuk serius membenahi prestasi yang belum menoreh kearah yang mengharumkan nama daerah.

Makanya dalam azas pembangunan, Pemerintah Daerah harus ada keberimbangan perhatian, artinya ada sektor-sektor yang diperioritaskan, jangan pula ada sektor lain yang sama sekali tidak mendapat porsi perhatian yang memadai,” ujar Fadhli Ali kepada HARIANACEH.co.id Sabtu (12/5/2018).

Aktivis era 98 itu, juga merasa heran dengan prestasi yang diraih Abdya dalam event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Aceh XV/2018 yang berlangsung di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah cukup terpuruk dengan mendapat prestasi paling bawah dari 23 kabupaten/kota lainnya.

“Sepertinya Pemerintah Daerah memandang tidak penting memajukan olahraga, padahal kalau dikelola secara profesional, olahraga tersebut selain mengharumkan nama daerah juga menjadi sumber pendapatan daerah,” kata Fadhli Ali.

Advertisements

Padahal kata Fadhli Ali, Jika ditinjau dari fasilitas penunjang dan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang olahraga, Abdya tergolong lengkap ditambah lagi dengan Kontestan-kontestan yang sangup bersaing sportif dengan kontestan kabupaten lainnya.

“Fasilitas yang kita miliki masih lebih baik dibandingkan dengan kabupaten pemekaran lainnya, tetapi kenapa prestasi yang kita peroleh malah buruk,” imbuhnya.

Padahal tambah Fadhli Ali, Abdya pernah punya prestasi bagus dalam beberapa bidang olah raga, seperti Bulu Tangkis, anggar sepak bola.

“Saya rasa pemerintah hanya tinggal memberikan perhatian pembinaan dan sentuhan melalui anggaran yang cukup sehingga hasilnya tidak seperti yang diperoleh saat ini,” saranya.

Advertisements

Fadhli Ali mengaku tidak dalam posisi menyalahkan para kontingen yang telah berupaya sungguh-sunguh untuk mengharumkan nama baik daerahnya di even Popda, hanya saja Ia merasa malu dengan prestasi yang diraih saat ini.

“Akhirnya seperti ini, memalukan. Bukan cuma saya, tapi semua warga Abdya, karena itukan relatif tidak punya prestasi. Tidak ikut Popda pun mendapat juga rangking terakhir itu,” tuturnya sembari mengingatkan hal tersebut perlu di catatan awal dan digaris bawahi di era kepemimpinan Bupati Abdya, Akmal dan Muslizar.

Menurut Fadhli Ali, banyak hal yang harus dibenahi secara serius di kabupaten yang berjulukan Nagari Breuh Sigupai. “Olahraga itu tidak dapat dipisahkan dengan pemuda atau generasi muda, artinya menaruh perhatian terhadap olahraga berarti kita peduli terhadap kaula muda,terhadap prestasi, semangat, dan kreativitas serta perstasi prestise generasi muda,” imbuhnya.

Setali tiga uang, Mantan Aktivis Mahasiswa Abdya, Teuku Kasman juga menyayangkan merosotnya prestasi generasi Abdya dibidang olah raga dan pendidikan dengan predikat Popda paling belakang dan nilai Ujian Nasional 3 besar dari belakang.

“Kenapa semua diam, apakah mungkin para pemangku kebijakan sibuk dengan tanah hak guna usaha (HGU) PT Cemerlang Abadi sehingga mereka lupa bagaimana prestasi generasi harapan Abdya ke depan,” kritiknya.

Yang sangat Ironis kata Manta Ketua KMI Abdya itu, disaat persoalan tersebut muncul semua terkesan tutup mata termasuk lembaga kempemudaan.

“Sangat ironis lagi, ada lembaga kepemudaan yang merupakan wadah memberdayakan generasi muda asik mencari muka pada pemerintah daerah,” tutup Teuku Kasman.

Hingga berita ini dipublikasi, HARIANACEH.co.id, Belum memperoleh tanggapan, lantaran pesan Whatsapp yang dilayangkan kepada Wakil Bupati Abdya Muslizar MT dan Plt Kepala Dinas PK Abdya, Jauhari belum ada balasan. []

Advertisements

Bagikan ke teman anda!

69
50 shares, 69 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
0
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns