Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Rosni Idham: Plagiat Hukumnya Haram

HARIANACEH.co.id, Meulaboh- Mengambil Puisi  hasil Karya orang lain tampa seizin yang punya.(plagiat) hukumnya haram, tidak boleh mengambil puisi orang lain untuk dijadikan milik kita. mengunakan karya orang lain seolah-olah karya kita, selain diharamkan dalam Agama. secara hukum Pidana-pun dikenakan sanksi pasal 113 UU no 28 tentang hak cipta dengan hukuman 4 tahun penjara denda paling banyak 1 Miliar.

Hal itu dikatakan Rosni Idham SE pada kegiatan Forum Aceh Munulis yang ke 13 di Aula STAIN Meulaboh, (12/05/18) dengan matri menulis pusisi menyampaikan pesan-pesan sastra diikuti para Dosen, Mahasiswa dan masyarakat umum.

lebih jauh Rosni Idham menambahkan, siapapun dia tidak boleh mengambil puisi orang lain yang beimbas pada plagiarisme, sebab. plagiarisme pada pokoknya menggunakan karya orang lain.  baik sebagian atau seluruhnya sengaja atau tidak .

Rosni Idham mengaku,  pernah diambil puisinya untuk di lombakan  oleh orang lain dan menjadi juara, plagiat seperti itu sangat berbahaya, karena bisa  mematikan kreatifitas seseorang dalam berimajinasi.

“ini adalah pengalaman saya dalam dunia sastra terutama menulis puisi” katanya.

Sementara itu, Koordinator Fame chepter Meulaboh Muhsinuddin, MM, menyampaikan,  pematri pada pelatihan ke 13 tersebut merupakan sastarawan Nasional bernama Rosni Idham,  dia telah menulis hampir 200 puisi dan telah membaca puisi ke berbagai Negara, bahkan. sudah mendapatkan pin emas wanita Perdamaian melalui penulisan puisi, Jelas Muhsin.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya