HARIAN ACEH INDONESIA

Terkait Impor Beras 500 Ribu Ton, Kemendag Siap Dipanggil DPR

1 min


68
26 shares, 68 poin
Terkait Impor Beras 500 Ribu Ton, Kemendag Siap Dipanggil DPR
Ilustrasi gudang beras titik, (Tempo.co)

HARIANACEH.co.id — Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan menyatakan Kementerian Perdagangan siap menjelaskan alasan impor beras kedua tahun 2018 sebanyak 500 ribu ton kepada Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Silahkan kalau mau mengevaluasi. Ini Keputusan bersama yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Bulog dan perwakilan BUMN,” ujar Oke,Sabtu, 26 Mei 2018.

Kesiapan itu disampaikan Oke menanggapi rencana evaluasi kebijakan impor beras yang disampaikan Wakil Ketua Komisi VI Azam Asman Natawijaya di Pasar Terong, Kota Makassar, Jumat, 25 Mei 2018.

Azam mengatakan, Komisi VI segera memanggil Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Perum Bulog untuk melakukan rapat dengar pendapat. Mengacu pada temuan surplus beras di Sulawesi Selatan, Azam berpendapat daerah itu bisa menjadi penyedia beras bagi daerah lain yang defisit.

sebelum memutuskan untuk melakukan impor beras, stok di Bulog disebut berada dibawah 1 juta ton, atau kurang lebih 700 ribu ton. Angka itu, kata Oke, tak cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar yang mencapai 2,5 juta ton per bulan.

Advertisements

“Kalau stok di bawah 1 juta itu hanya untuk 10 hari. Stok di Bolog diperlukan untuk mengintervensi harga beras di pasar agar sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET),” kata Oke.

Selain itu, walau petani lokal sudah masuk masa panen, Oke mengatakan pasokan beras di pasar saat itu masih kurang. Menurut Oke, para pedagang berebut beras petani lokal. “Berarti panennya kurang, karena diperebutkan,” katanya.

Selama tahun 2018, pemerintah sudah dua kali melakukan impor beras dengan jumlah total 1 juta ton. Importasi pertama dilakukan pada Januari lalu. Sedangkan untuk importasi kedua, baru sebagian beras yang masuk ke Indonesia.

Tempo.co

Advertisements
Advertisements

Bagikan ke teman anda!

68
26 shares, 68 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
0
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns