HARIAN ACEH INDONESIA

Beginilah Penjelasan Khilafiyah Jumlah Raka’at Shalat Tarawih Ustadz Adi Hidayat

2 min


87
25 shares, 87 poin
Beginilah Penjelasan Khilafiyah Jumlah Raka'at Shalat Tarawih Ustadz Adi Hidayat
Abu Syaikh H. Hasanoel Bashry (Abu Mudi) pimpinan Dayah Mudi Samalanga. FOTO/YouTube

HARIANACEH.co.id – Warga Aceh beberapa hari ini dihangatkan dengan beredarnya dua buah video yang viral di medsos terkait pembahasan jumlah raka’at shalat tarawih.

Abu Syaikh H. Hasanoel Bashry (Abu Mudi) pimpinan Dayah Mudi Samalanga dalam cuplikan video yang diunggah ke Youtube menyebutkan jumlah raka’at shalat tarawih yang sesuai dengan tuntutan Rasullullah SAW adalah 20 raka’at ditambah 3 (tiga) raka’at witir.

HARIANACEH.co.id saat menyimak penjelasan tersebut juga mendengarkan Abu Mudi menyampaikan jumlah Raka’at Shalat terawih yang dilakukan sebanyak 11 (sebelas) raka’at adalah Bid’ah dan ini tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah.

Untuk lebih lengkapnya berikut video yang dikutip HARIANACEH.co.id dari YouTube:

Tidak menunggu lama setelah beredarnya video terkait tuntunan ibadah shalat tarawih di bulan Ramadhan, Ustadz Farhan angkat bicara menanggapi penjelasan dengan mengomentari persoalan khilafiyah jumlah raka’at shalat tarawih yang juga diunggah ke YouTube. Kata dia dalam cuplikan videonya, ia membantah tentang pernyataan Abu Mudi yang menyebutkan pelaksaan shalat tarawih berjumlah 11 (sebelas) adalah Bid’ah.

Advertisements

Berikut ini juga adalah cuplikan video Ustadz Farhan yang dikutip HARIANACEH.co.id dari YouTube:

Dari kemunculan kedua video viral diatas, sebagian warga Aceh melontarkan berbagai macam komentar di Medsos, ada yang memberi dukungan kepada pendapat Abu Mudi dan ada juga yang membenarkan penjelasan Ustadz Farhan.

Saat HARIANACEH.co.id menanyakan tentang khilafiyah video penjelasan jumlah raka’at shalat tarawih ini kepada salah seorang warga Banda Aceh yang tidak ingin disebutkan nama, ia menjelaskan, sebenarnya dua-duanya benar dalam memunculkan pandangan yang disertai dengan dalil-dalil terkait khilafiyah ini.

“Subtansi dari inti tuntunan jumlah raka’at shalat tarawih kedua-duanya benar, masing-masing punya dalil, kedua pihak sudah menyebutkan dalil-dalil ya sekarang tinggal warga Aceh dan santri-santri sajalah yang harus bisa lebih melek untuk dapat mengkajinya lebih dalam. Namun, soal ada penyebutan kata Bid’ah, ya alangkah lebih baiknya masing-masing lebih mau bertabayyun dan menahan diri. Kitakan belum pernah melihat tokoh-tokoh agama di Aceh duduk bersama-sama saling bertukar pendapat dan disaksikan secara live, mungkin dari cara diskusi terbuka tersebut bisa menjadi salah satu cara menyamakan pandangan, Kampus harus bisa beri ruang untuk ini, karena inikan bicara ilmu agama,” pungkas warga Banda Aceh tersebut.

Advertisements

Tgk. Muda Bata Iliek, Kabid SPMA Bireuen dalam keterangan tertulisnya kepada HARIANACEH.co.id menyebutkan, Ustadz Farhan telah keliru memahami penjelasan yang diuraikan dalam video tersebut. Kata dia lagi, seharusnya Ustadz Farhan melakukan klarifikasi terlebih dahulu dari pada menghujat. Menurutnya hujatan Ustadz Farhan kepada Abu Mudi dapat menyulut emosi masyarakat dan Santri di Samalanga yang mayoritasnya bermazhab Syafi’i.

“Untuk meredam berbagai kecaman saya minta kepada saudara Farhan, agar mengklarifikasi ucapannya ataupun jika anda tetap tidak mau, maka kami siap membawa anda untuk bertabayyun dihadapan para Ulama dan masyarakat, agar massa tidak terpancing emosinya,” ujar Nanda Nurkhalis.

Nanda Nurkhalis juga meminta kepada Pemerintah Daerah untuk berkomitmen soal Ahlussunah di Bumi Aceh.

“Pemda harus berkomitmem terhadap penerapan Ahlussunnah di bumi Aceh, dan segera menertibkan para Wahabi yang provokatif semacam ini,” tutup Nanda Nurkhalis.[]

Advertisements

Bagikan ke teman anda!

87
25 shares, 87 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
0
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns