Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

KPK Sebenarnya Sudah Tahu soal Kasus Pembegalan Beasiswa Aceh oleh Oknum DPR Aceh

HARIANACEH.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebenarnya sudah mengetahui adanya temuan pembegalan bantuan dana pendidikan Propinsi Aceh yang bersumber dari aspirasi sejumlah anggota DPR Aceh tahun anggaran 2017, demikian keterangan yang disampaikan oleh Askhalani, SHI., Koordinator GeRAK Aceh, Senin (11/6/2018) seperti dilansir aceHTrend.

Dalam keterangannya, Askhalani mengatakan modus operandi pencurian serta perampasan uang  beasiswa atau korupsi dana bantuan pendidikan itu dilakukan oknum anggota DPRA dengan menerima proposal, kemudian melalui perantara (koordinator) mengusulkan ke BPSDM lalu koordinator atas nama oknum dewan mengelola (memotong-red) dan termasuk mengambil alih seluruh proses, termasuk rekening penerima dana bantuan beasiswa diambil alih.

“Pada saat pencairan, koordinator tim memotong langsung dan sisa dikembalikan ke penerima beasiswa, pemotongan mulai dari 50%-75%.”

Kata dia, kekurangan dari penyidikan Polda Aceh untuk menangani kasus tersebut, kepolisian tidak menyasar langsung pada oknum anggota DPRA yang terlibat.

Berita Terkait
1

Rumah Adat Aceh –

4

PKS Harapkan Masyarakat Dukung…

PKS Singkil Perkenalkan Atributnya di Khalayak Ramai

“Nah ini yang kami curigai karena saat ini terperiksa adalah mahasiswa penerima beasiswa, koordinator dan juga PPTK sedangkan dewan belum diperiksa oleh polisi,” terang aktivis antikorupsi itu.

Tambahnya lagi,  Askhalani mengatakan kasus tersebut sudah diketahui oleh KPK RI sebenarnya, kalau polisi tidak serius menangani kasus itu, dan pihaknya akan segera melaporkan kasus tersebut ke KPK.

“Yang terlibat bukan hanya IU, sejauh ada lima oknum DPRA yang terlibat, baik dari parpol maupun panas,” terang Askhalani.

Sementara itu, Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) mengatakan kasus pembegalan dana pendidikan tersebut sudah masuk dalam analisa lembaga itu.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan kami sampai ke publik,” ujar Alfian, Koordinator MaTA.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya