5 Juli 2018, Titik Akhir Perjalanan Sang Kapten kepada Jokowi Merobohkan Shirathal Mustaqim

2 min


98
190 shares, 98 poin
Irwandi Yusuf resmi ditetapkan sebagai tersangka
Gubernur Aceh Irwandi Yusuf resmi ditahan KPK pada Kamis 5 Juli 2018. Irwandi kepada wartawan membantah tudingan KPK. FOTO/Tempo/Taufiq Siddiq

RABU, 5 Juli 2017 menjadi hari yang sangat istimewa bagi Irwandi Yusuf. Setidaknya ada dua alasan yang menjadikannya istimewa. Pertama, kala itu dia kembali dilantik menjadi gubernur Aceh, 2017-2022. Sebelumnya, mantan kepala intelijen Gerakan Aceh Merdeka itu terpilih memimpin Aceh sejak 2006-2012. Kedua, pelantikan dirinya dalam Sidang Paripurna di Gedung DPR Aceh saat itu dihadiri Presiden Joko Widodo. Presiden singgah ke acara itu dalam perjalanan menuju Ankara, Turki untuk mengikuti KTT OKI.

“Ini memberi warna khusus dan penghormatan bagi rakyat Aceh,” kata Irwandi saat menyampaikan sambutan di luar teks usai pelantikan.

Setelah menyampaikan pujian dan terima kasih atas kehadiran Jokowi, dia lalu mengungkapkan pertemuannya dengan sang Presiden di Istana Negara sebelum resmi mencalonkan diri kembali sebagai gubernur Aceh. Selain menyampaikan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur, dia mengungkapkan berbagai kekurangan yang dihadapi Aceh sehingga masih butuh perlindungan.

Sayangnya, dana otonomi khusus yang besarnya 2 persen dari Dana Alokasi Umum akan habis pada 2022. Terhadap kondisi tersebut, Presiden Jokowi menyatakan dana Otsus akan dilanjutkan.

“Tapi masa kerja beliau kan akan habis pada 2019, padahal dana otsus yang diharapkan akan selesai pada 2022. Anda ngerti kan, siapa yang akan neken nanti?” kata Irwandi disambut tawa hadirin.

Advertisements

Sayang, dua hari menjelang setahun masa pemerintahannya Irwandi justru diciduk KPK. Dia disangka menyelewengkan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018, dengan mematok jatah 8 persen dari setiap proyek yang dibiayai Dana Otsus yang total nilainya Rp8 triliun.

Padahal seharusnya, DOKA dipergunakan sepenuhnya untuk kepentingan rakyat Aceh, seperti pembangunan jalan, pengentasan kemiskinan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, pendidikan, sosial, serta kesehatan.

“Namun, Irwandi malah meminta uang panjar (ijon) terkait proyek-proyek pembangunan infrastruktur bersumber dari dana otonomi khusus itu,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dalam jumpa pers di Gedung KPK, Rabu (4/7) malam.

Selain mengkhianati komitmen Presiden Jokowi terhadap penggunaan dana Otsus, Irwandi Yusuf juga mengingkari apa yang dikampanyekannya selama menjadi gubernur. Kepada setiap kepala dinas dan para kepala daerah di wilayah Aceh, dia selalu menekankan istilah ‘Hana Fee‘ agar mereka menolak dan tidak meminta fee terkait proyek pembangunan.

Advertisements

Dalam kunjungan kerja ke sepuluh kabupaten/kota di Serambi Mekkah guna meninjau proyek APBA 2017 dan otonomi khusus yang tengah dikerjakan, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengaku sempat menanyakan soal kemungkinan ada permintaan fee dari kepala dinas kepada para kontraktor. Saat ditanya demikian, kata dia, umumnya mereka menjawab ‘tidak ada’.

“Tapi saya kan bisa baca dari pikiran dan matanya (mana yang jujur dan tidak). Tapi kita ya tidak bisa membuktikan,” kata Irwandi dalam jumpa pers di Lanud SIM, Blang Bintang, Aceh Besar, 30 Oktober 2017.

Dia mengibaratkan, bila semua pejabat berani menolak fee, itu sama artinya dengan ikut membangun dan meningkatkan mutu jembatan shiratal mustaqim.

“Jadi, yang mengambil fee proyek, berarti dia sedang menggergaji jembatannya di akhirat,” ujarnya.

Sejak ditangkap KPK, Selasa (3/7/2018) malam, Irwandi tak cuma menggergaji jembatan shiratal mustaqim tapi langsung merobohkannya. Para kepala dinas yang diam-diam pernah dicurigainya pun niscaya kini mereka ramai-ramai mencibirnya. Sangat ironis…!

Advertisements

Bagikan ke teman anda!

98
190 shares, 98 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
10
Suka
Takjub Takjub
7
Takjub
Kaget Kaget
6
Kaget
Takut Takut
6
Takut
Lucu Lucu
6
Lucu
Sedih Sedih
9
Sedih
Marah Marah
12
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns