Sejumlah Sastrawan Nusantara dan Manca Negara Meriahkan Festival Sastra Bengkulu

Festival Sastra Bengkulu pertama bertema: “Soekarno, Sastra dan Cinta” diselenggarakan di Bumi Raflesia, Bengkulu dan dibuka Plt Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah, Jumat (13/7) malam.1 min


87
24 shares, 87 poin
Sejumlah Sastrawan Nusantara dan Manca Negara Meriahkan Festival Sastra Bengkulu

Jakarta – Festival Sastra Bengkulu pertama bertema: “Soekarno, Sastra dan Cinta” diselenggarakan di Bumi Raflesia, Bengkulu dan dibuka Plt Gubernur Bengkulu H. Rohidin Mersyah, Jumat (13/7) malam.

#Festivalsastrabengkulu atau #FSB2018 adalah gerakan masyarakat, komunitas budaya dari segala sektor untuk mengembangkan literasi. Olehnya, kegiatan ini harus selalu mendapatkan tempat dalam berbagai kesempatan agar literasi tak saja hanya menjadi merek bagi pagelaran literas dan punya tujuan mencerdaskan bangsa dan menjaga keutuhan negara melalui setiap tulisan. Acara ini digagas Musta Ismail, Willy Ana, Iwan Setiawan dan Pilo Poly.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, secara wilayah Bengkulu tidak luas. Namun, provinsi ini memiliki banyak kenangan dalam sejarah, bahkan internasional. Bahkan, katanya, Presiden pertama RI Soekarno pernah diasingkan di daerah ini hingga menikah dengan gadis Bengkulu dan sekaligus ibu negara pertama Fatmawati. Ibu negara pertama ini dikenal sebagai penjahit bendera pusaka.

Advertisements

Gubernur Rohidin pada kesempatan itu, memuji sastrawan sebagai sosok yang memiliki semangat egalitar dan motivasi yang tinggi.

“Tanpa itu, bagaimana mungkin FSB ini bisa terlaksana dengan waktu persiapan yang tak panjang dan anggaran yang terbatas pula,” katanya.

Oleh karena itu menurut Gubernur Bengkulu, Pemprov Bengkulu akan menggelar sebuah festival yang menggunakan kata Bengkulen, dan dipusatkan di Bentemg Marlborgh. Festival ini melibatkan Singapura, Malaysia, dan negara lain.

Advertisements

Ketua Panitia Willy Ana dalam laporannya mengatakan, FSB berhasil mendatangkan para penyair Indonesia dan luar negeri, di antaranya Sutardji Calzoum Bachri, Muhammad Alfarizie, Fakhrunnas MA Jabbar, Zulfaisal Putra, Rohani Din (Singapura), Husnu Abadi, Isbedy Stiawan ZS, Anwar Putra Bayu, J Kamal Farza, Zaim Rofiqi, Jumari HS, dan lain-lain.

“Kami mengundang semua kalangan masyarakat di Bengkulu untuk merapatkatkan diri nanti, mulai pukul 09.00 dalam agenda Sarasehan Sastra,” kata Ana penyair asal Bengkulu yang juga penerbit Imaji Itu.

Acara yang dipusatkan di Pendopo Gubernur (Gedung Daerah) Bengkulu ini, hari ini akan ada peluncuran buku puisi “Soekarno, Cinta dan Sastra” berikut pembacaan puisi oleh sejumlah sastawan, dan diskusi Sastra menghadirkan Sutardji Calzoum Bachri (Presiden Penyair Indonesia), Ahmadun Yosi Hervanda (Penyair/Mantan Redaktur Republika) dan FX Rudy Gunawan (Staf Ahli Kantor Staf Kepresidenan) sebagai pembicara.

Advertisements

AGENDA:

SABTU, 14 JULI 2018

SARASEHAN SASTRA

  • LOKASI: Pendopo Gubernur Bengkulu
  • PESERTA: Sastrawan, seniman, guru, mahasiswa, siswa dan masyarakat umum.
  • 09.00 PELUNCURAN BUKU
  • 09.30 PEMBACAAN PUISI oleh Sejumlah Sastrawan
  • 10.15 Istirahat
  • 10.30-12.30 DISKUSI SASTRA
  • 12.30-14.00 Makan siang + Isoma

WISATA BUDAYA

  • LOKASI: Rumah pengasingan Sukarno, rumah Ibu Fatmawati, Benteng Malborogh, Pantai Panjang dan toko oleh-oleh khas Bengkulu.
  • PESERTA: Peserta Festival Sastra Bengkulu dan Undangan Khusus
  • PUKUL : 14.30-17.30

MALAM SASTRA

  • LOKASI: Gedung Serbaguna (Kompleks Kantor Gubernur Bengkulu)
  • PESERTA: Sastrawan, seniman, guru, mahasiswa, dan siswa, dan masyarakat umum.
  • PUKUL : 19.30-24.00

AGENDA:

  • Baca puisi oleh penyair peserta Festival Sastra Bengkulu – Baca Petikan Cerpen
  • Musikalisasipuisi
Advertisements

Bagikan ke teman anda!

87
24 shares, 87 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
1
Suka
Takjub Takjub
0
Takjub
Kaget Kaget
0
Kaget
Takut Takut
0
Takut
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Marah Marah
0
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns