200 Pelaku Ekraf Kota Langsa Ikuti Sharia Banking for Business Matching

2 min


78
64 shares, 78 poin
200 Pelaku Ekraf Kota Langsa Ikuti Sharia Banking for Business Matching

Langsa – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mempertemukan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) Kota Langsa dan sekitarnya dengan perbankan syariah melalui Sharia Banking for Business Matching, yang diselenggarakan pada hari Selasa (17/7) di Hotel Harmoni, Kota Langsa.

Bank Aceh Syariah, BNI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri adalah bank syariah yang berpartisipasi pada business matching ini.

Pelaku ekraf yang menghadiri acara ini telah memiliki usaha kreatif dari 16 subsektor ekraf, mempunyai brand, beroperasi minimal setahun, dan membawa proposal untuk pengajuan pembiayaan perbankan syariah.

Kasubdit Perbankan Konvensional Bekraf, Dedy Andriansyah menginformasikan bahwa Direktorat Akses Perbankan semaksimal mungkin memberikan akses permodalan ke pelaku ekraf.

Sharia Banking for Business Matching bertujuan memberi pengetahuan tentang pembiayaan syariah kepada pelaku ekraf sehingga mereka bisa mengaksesnya.

“Ekraf menjadi fokus pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu sektor penggerak pembangunan di Indonesia,” ungkap Dedy.

Abdullah Gade dari Bidang Ekonomi dan Pembangunan yang mewakili Walikota Langsa, Aceh membuka acara ini. Ia menjelaskan bahwa pelaku ekraf membantu secara aktif dalam pembangunan yang ada di Kota Langsa. Kota Langsa dijadikan tujuan kunjungan masyarakat Aceh dan sekitarnya karena memiliki mangrove dan hutan lindung.

Keynote speaker acara, anggota DPR RI Komisi X, Muslim, mengharapkan 184 pelaku ekraf yang hadir bisa mengikuti acara hingga selesai. Pelaku ekraf dapat memanfaatkan materi talkshowdari perwakilan perbankan syariah untuk mengakses pembiayaan dalam mengembangkan usaha.

Muslim mengatakan bahwa kreativitas bisa dimanfaatkan untuk menjadikan Kota Langsa sebagai kota wisata. Salah satu hal yang terlihat di Kota Langsa yaitu perkembangan warung kopi yang juga menjual berbagai pernak pernik kreatif.

“Ekraf sangat potensial untuk dikembangkan di Indonesia. Ekraf memberikan kesempatan kerja dan menekan pengangguran. Potensi sumber daya alam di Aceh sangat luar biasa untuk dikembangkan,” tutur Muslim.

Muslim mencontohkan inspirasi dari Banyuwangi. Wisatawan nusantara yang mengunjungi Banyuwangi mencapai 4juta 500 orang. Beberapa keunggulan Banyuwangi antara lain 174 pelayanan masyarakat di satu tempat, penyelenggaraan acara tanpa bantuan APBN yang dananya berasal dari kekuatan ekonomi masyarakat, dan perijinan hotel hanya untuk bintang tiga ke atas untuk mempertahankan guest housemilik masyarakat.

Muslim menambahkan, “Untuk mengembangkan daerah wisata dibutuhkan ide-ide kreatif, bukan hanya sekedar uang. Bukan modal yang utama, tapi ide kreatif.”

Tiga perbankan syariah menginformasikan tentang pembiayaan perbankan syariah, produk perbankan syariah, serta persyaratan mengakses pembiayaan tersebut. Lukman Hakim dari Bank Aceh Syariah menekankan pentingnya kepercayaan dalam penyaluran pembiayaan perbankan syariah.

184 pelaku ekraf yang menghadiri acara ini bukan hanya berkesempatan berdiskusi langsung dengan perbankan syariah yang hadir, tetapi juga meningkatkan motivasi diri untuk sukses dengan mendengarkan cerita sukses Agus Pramono, owner Ayam Bakar Mas Mono.[]

0/5 (0 Reviews)

Komentar


Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
16
Suka
Takjub Takjub
13
Takjub
Kaget Kaget
10
Kaget
Takut Takut
8
Takut
Lucu Lucu
5
Lucu
Sedih Sedih
26
Sedih
Marah Marah
24
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns