Berkas Tidak Lengkap, KIP Kota Langsa Tolak Pendaftaran 2 Partai Politik Ini, Satu Partai Lainnya Tidak Mendaftar

1 min


120
23 shares, 120 poin
Berkas Tidak Lengkap, KIP Kota Langsa Tolak Pendaftaran 2 Partai Politik Ini, Satu Partai Lainnya Tidak Mendaftar

Langsa – Komisi Pemilihan Independen (KIP) Kota Langsa, hingga masa penutupan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Selasa 17 Juli 2018 pukul 00.00 WIB, KIP Kota Langsa hanya menerima berkas 17 partai politik (parpol).

Dua parpol yang terlambat mendaftarkan berkas pendaftaran bacalegnya karena melebihi batas waktu yang telah ditentukan di antaranya adalah PD Aceh dan PKPI. Ada satu parpol yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak memiliki dokumen bacalegnya sama sekali.

Kepada HARIANACEH.co.id, KIP kota Langsa menjelaskan masih menunggu arahan dari KPU Pusat terkait permasalahan pendaftaran Bacaleg ketiga Parpol tersebut.

KIP Kota Langsa telah menerima pendaftaran bacaleg dari 17 parpol yang berakhir tanggal 17 Juli 2018 tepatnya pukul 00.00 Wib. Hal tersebut disampaikan Sekretaris KIP kota Langsa, Muhammad Dahlan kepada HARIANACEH.co.id di ruang kerjanya, Rabu (18/7/2018).

Kata dia, KIP berpodoman pada peraturan dalam juklak terkait pendaftaran bacaleg untuk parpol. Namun menurutnya, masih saja terjadi persoalan keterlambatan pendaftaran bacaleg dari parpol-parpol di Kota Langsa seperti dua parpol yang terlambat dan satu parpol sama sekali tidak mendaftarkan bacalegnya karena tidak ada berkas bacalegnya untuk didaftarkan ke KIP Kota Langsa. Sambungnya lagi, ia tetap menunggu arahan keputusan KPU RI.

Advertisements

“Kami menolak dua parpol yaitu PD Aceh dan PKPI dikarenakan tidak memenuhi aturan sesuai dengan juklak, sedangkan PKB sama sekali tidak memiliki dokumen bacalegnya,” ujar Dahlan.

Sebelumnya, KIP kota Langsa terlebih dahulu berkoordinasi dengan Panwas Kota Langsa sebelum menolak berkas-berkas kedua partai politik yang melewati batas waktu pendaftaran tersebut.

“Kami mengambil keputusan dan menetapkan status kedua parpol tersebut untuk menunggu keputusan atau surat edaran dari KPU Pusat,” ujar Dahlan.

KIP kota Langsa, sedang melakukan upaya-upaya terkait persoalan teknis kepada KPU Pusat untuk menunggu arahan dan keputusan serta surat edaran tidak dengan menggunakan WhatsApps karena tidak memiliki kekuatan hukum.

Advertisements

“Kami berupaya secapatnya mengajukan hal tersebut dan dapat menerima berupa keputusan dan arahan atau surat edaran dari KPU Pusat, sehingga tidak ada parpol yang dirugikan,” tutup Muhammad Dahlan.[]

Advertisements

Bagikan ke teman anda!

120
23 shares, 120 poin

Komentar

Apa Reaksi Anda?

Suka Suka
2
Suka
Takjub Takjub
26
Takjub
Kaget Kaget
24
Kaget
Takut Takut
21
Takut
Lucu Lucu
19
Lucu
Sedih Sedih
13
Sedih
Marah Marah
10
Marah
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Countdown
The Classic Internet Countdowns