Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Pemerintah Aceh Launching Buku “Ensiklopedi Kebudayaan Aceh”

BANDA ACEH-Untuk pertama kali pemerintah Aceh menerbitkan buku “Ensiklopedi Kebudayaan Aceh” yang ditulis oleh pakar adat dan budaya Aceh pada acara Seminar Internasional Kebudayaan dan Kemaritiman di Anjong Mon Mata, Komplek meuligo Gubernur, Banda Aceh, 13 Agustus 2018.

Pelaksana Gubernur Aceh dalam sambutan yang dibacaka staf ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Ir. Iskandar Syukri, MT mengatakan orang Aceh harus Aceh mempertahankan adat istiadatnya, bahkan harus dimasukan kedalam kurikulum sekolah-sekolah.

“Adat istiadat Aceh itu sangat teguh, dan juga menjadi penyemangat dalam masyarakat Aceh, sehingga perlu ada sosialisasi kepasa generasi muda kita,” kata Iskandar Syukri.

Dijelaskan, ensiklpedi kebudayaan Aceh merupakan bagian terpenting untuk pertahanan kebudayaan Aceh, dan generasi muda harus tetap dijalur agama, adat, dan kebuayaan.

“Seperti kata pepatah Aceh yang harus terus menurus dipahami pemerintah Aceh yakni, Adat Bak Pho Teumeuruhom, Hukom bak Syiah Kuala, Qanun Bak Putroe Phang, Reusam Bak Laksamana. Ini salah satu pepatah Aceh yang sangat terkenal,” kata Iskandar.

Koordinator penerbitan buka Ensiklopedi Kebuadayaan Aceh Bulman Satar menjelaskan ada dua alasan mengapa Enseklopedi Kebudayaan Aceh Penting? yang Pertama Aceh adalah daerah yang punya literatur budaya dan sejarah yang terkaya dibanding daerah lain di Indonesia, Kedua dimasa pemerintahan Bapak Irwandi dan Bapak Nova Iriansyah punya program yang disebut Aceh meuadab.

“Program ini maksudnya untuk merevitalisasi kebudayaan Aceh dengan segala keunikan dan eksotisismenya dengan nuansa Islami yang kental,” kata Bulman Satar yang juga Antropolog Aceh.

Enseklopedia Kebudayaan Aceh merupakan projek Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang merujuk pada 7 unsur kebudayaan universal. Didalamnya terdapat sistem pengetahuan, sistem sosial kemasyarakatan, sistem ekonomi, sitem tradisi, sistem tehonologo, kesenian, dan bahasa.(ji)

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya