.

BPS Abdya Lakukan Pencacahan Untuk 280 Rumah Tangga

1 min


58
22 shares, 58 poin
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) Bahruddin saat memberikan keterangan kepada wartawan. Kamis (16/8/2018) Foto : HAI/ Julida Fisma.

HARIANACEH.CO.ID, BLANGPIDIE — Petugas Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sedang melaksanakan pencacahan terhadap 280 rumah tangga sasaran guna mengetahui jumlah pengangguran tahun 2018.

Kepala BPS Abdya, Bahruddin Kamis (16/7/2018) mengatakan, sebanyak 280 rumah tangga sasaran yang disurvei oleh petugas tersebut berada di sembilan kecamatan sebanyak 28 blok.

“Jadi, masing-masing blok itu kita lakukan pencacahan sebanyak 10 rumah tangga untuk sampel agar kita mengetahui tingkat pengangguran tahun 2018,” jelas Bahruddin.

Bahruddin mengatakan, selain untuk mengetahui jumlah pengangguran. Proses pendataan yang dilakukan petugas BPS tersebut termasuk survei anggkatan kerja nasional 2018.

Dimana, setiap anggota rumah tangga terpilih, petugas BPS turun meminta keterangan warga, mulai dari nama, umur, jenis kelamin, serta hubungannya dengan kepala rumah tangga.

Kemudian, lanjut dia, anggota rumah tangga berumur 5 tahun ke atas, diminta keterangan partisipasi sekolah. Keterangan pendidikan dan keterangan tempat tingal 5 tahun lalu juga dibutuhkan termasuk data disabilitas dan kegiatan seminggu lalu.

Selain itu tambah dia lagi, petugas juga menanyakan keterangan tambahan lainnya terkait ketenagakerjaan. Kegiatan mencari pekerjaan, mempersiapkan usaha baru juga disurvei oleh BPS.

Termasuk data pekerjaan utama hingga data jam kerja serta pengalaman pekerjaan anggota rumah tangga. Sedangkan anggota rumah tangga sasaran yang telah berumur 10 tahun ke atas, ditanyakan keterangan status perkawinan.

“Tujuannya untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan secara khusus agar memperoleh estimasi data jumlah penduduk di Tanah Air,” tutur Bahruddin.

Baik yang bekerja, maupun pengangguran serta indikator ketenagakerjaan lainnya serta perkembangannya ditingkat nasional maupun provinsi, katanya menambahkan.

“Alhamdulillah, pencapaian survei di Abdya sudah mencapai 50 persen. Insyaallah selesai tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan BPS pusat dari tanggal 8 – 31 Agustus 2018,” demikian tutup Bahruddin. []

0/5 (0 Reviews)

Komentar


Apa Reaksi Anda?

Marah
10
Marah
Suka Suka
13
Suka
Takjub Takjub
12
Takjub
Kaget Kaget
10
Kaget
Takut Takut
9
Takut
Lucu Lucu
8
Lucu
Sedih Sedih
5
Sedih
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Gif
GIF format