Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

UIN Ar-Raniry akan dirikan fakultas kedokteran

Banda Aceh (Antaranews Aceh) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh Prof Warul Walidin menyatakan perguruan tinggi tersebut akan mendirikan fakultas kedokteran dan rumah sakit Islam Ar-Raniry.

“Rencana pembukaan Fakultas kedoktertan ini merupakan wujud dari epistemologi integrasi dan interkoneksitas keislaman dan ilmu kedokteran, sebagaimana telah dikembangkan oleh Ibnu Sina dan dokter muslim lainnya,” kata Warul di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Advertisement

Advertisement

Pernyataan itu disampaikannya dalam Rapat Senat Terbuka dan Orasi Ilmiah dalam Milad ke-55 kampus tersebut di Auditorium Prof Ali Hasjmy, Darussalam Banda Aceh.

Ia menjelaskan UIN Ar-Raniry Banda Aceh terus mengembangkan berbagai disiplin keilmuan baik ilmu keislaman maupun sain modern, sesuai dengan perkembangan zaman di era revolusi industri 4,0.

“Kita bertekad meneguhkan kembali jati diri UIN Ar-Raniry sebagai pusat tamaddun Islam yang mengharumkan nama Aceh dan Indonesia pada tataran internasional, melalui integrasi dan interkoneksi keislaman dan sains modern, sebagaimana dulu Aceh pernah menjadi sentrum peradaban dunia,” katanya.

Ia mengatakan untuk pengembangan berbagai disiplin ilmu, pihaknya juga akan membuka beberapa program lain diantaranya membangun Balai Raya Seumeubeut Ulama Kharismatik Aceh (Tempat Pengajian) dan memperkuat Ma”had Ali.

Ia menambahkan Aceh sebagai daerah yang memiliki lingkungan laut dan danau, sungai dan pusat-pusat pengembangan potensial ikan air tawar, UIN juga mengusulkan pengembangan fakultas perikanan.

“UIN juga sedang mempersiapkan prodi-prodi baru untuk melahirkan guru produktif untuk SMK seperti otomotif, perhotelan, perkebebunan dan pelayaran,” kata Warul.

Ketua Panitia, Dr Saifullah Idris menyebut ada berbagai kegiatan yang digelar dalam memeriahkan hari jadi ke-55 UIN Ar-Raniry diantaranya gerak jalan santai dengan aneka lomba lainnya, aktivitas sosial, home visit, pemilihan penelitian terbaik dosen, pemilihan artikel terbaik dosen, pemilihan jurnal berprestasi, pemilihan kebersihan dan kenyamanan lingkungan, pemilihan mahasiswa berprestasi, Ar-Raniry Creative Fair, peluncuran website dan orasi ilmiah.

Ia menambahkan dalam Rapat Senat Terbuka Milad ke-55, pihaknya ?menghadirkan Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas RI, Amich Alhumami untuk menyampaikan orasi ilmiah.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya