Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Erosi Krueng Manggeng Semakin Mengganas

Blangpidie – Erosi Krueng Manggeng di Gampong Tokoh II, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kondisinya sema¬kin mengkhawatirkan.

Pasalnya, kian hari pengikisan bibir sungai oleh derasnya aliran air kian meluas Akibatnya, jika tidak segera di tangulangi pengikisan tersebut akan mengancam kebun dan rumah warga yang berada di Daerah Aliran Sungai (Das) di Maksud.

Advertisement

Advertisement

Salah seorang warga Tokoh II Jamaluddin (50) kepada HARIANACEH.co.id, Kamis (18/10/2018) menuturkan, erosi yang terjadi di sepanjang aliran sungai terus mengerus kebun warga dan kondisi semakin parah serta sengkhawatrikan.

“Erosi sungai ini semakin parah, sebab jika hujan turun aliran sungai juga semakin deras sehingga terus mengikis tebing sungai. Apalagi ini sedang musim hujan, Kami merasa tidak te-nang sebelum adanya upaya penanggulangan dari pemerintah,” ujarnya.

Bahkan katanya, tangul pengaman banjri yang telah di buat disepanjang Das Krung Mangeng kini kondisinya amblas ke sungai karena pengikisan yang disebabkan oleh derasnya air sungai.“Dulu tanggul pengaman banjir yang dibuat menggunakan Anggaran Dana Gampong, posisinya jauh dari bibir Sungai, namun tanggul tersebut kini ada yang ambruk akibat erosi,” imbuh Jamal.

Menurutnya, jika kondisi tersebut tidak segera di tanggulangi pengikisan bibir sungai akan terus mengancam kebun dan rumah warga.“Kita berharap kepada Pemerintah Abdya segera menagntisipasi erosi tersebut, dengan cara memasang tangul kawat beronjong sehingga dampak pengikisan su¬ngai tidak semakin parah terhadap kebun dan peru¬mahan warga,” demikian kata Jamal yang dibenarkan warga lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Penangulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin mengaku akan segera menijau lokasi tersebut. “ Kami akan segera turun kesan untuk melakukan peninjauan,” janjinya.

Sambung Amiruddin, jika kondisinya sangat berdampak besar bagi warga, pihaknya akan segera berkontsultasi dengan pimpinan.

“Jika dampaknya besar bagi masyarakat sekitar, kita laporkan ke pada pimpinan untuk segera di tanggulangi,” demikian singkat kepala BPBK Abdya.[]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya