Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

TNI Temukan Eks Markas GAM di Desa Antong

MEULABOH- Program TMMD, TNI Kodim 0105 Aceh Barat. memasuki minggu kedua sudah berhasil tembus ke Desa Antong Kecamatan Panton Reu, disana Tim Satgas tercengang melihat kondisi desa yang nyaris tak berpenghuni, sangat terpencil. Desa Antong hampir luput dari pantauan karena sulit dijangkau karena kondisi jalan yang rusak.

Saat Konflik Aceh, tahun 1999-2004. Desa Antong merupakan daerah hitam, masyarakatnya banyak yang mengungsi ke desa lain, karena  wilayah  ini sepenuhnya dukuasai geliryawan GAM, sebab. daerahnya sangat strategis bisa ditembus dari segala arah.

Advertisement

Advertisement

“disini merupakan Markas Gerakan Aceh Merdeka (GAM), perbukitan dan sungai menjadi salah satu sarana pendukung untuk bergerilya, kita juga melihat rumah kosong dan bekas Markas disana, ujar Sertu Sarmadan anggota Keslap Satgas TMMD”

Menurut Sarmadan, masyarakat Antong. banyak yang mengungsi ketiak itu sehingga tidak heran jika  banyak rumah kosong tanpa penghuni, masyarakat juga masih terlihat trauma dengan konflik masa lalu.

Pasca  Perjanjian Damai Helsingky 2005 lalu, Masyarakat disini ada yang kembali ada juga yang masih menetap ditempat lain, namun sejak TMMD bergulir. sedikit demi sedikit Masyarakat mulai dekat dengan TNI, anggota Satgas juga tinggal dan menetap bersama warga, makan dan tidur juga di rumah penduduk, ujar Sarmadan.[]

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya