Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Timnas U-19 Punya Lima Eksekutor Tendangan Bebas

Tiga kesempatan Indonesia melalui sepakan bebas langsung berhasil diubah menjadi gol.

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Tim nasional sepak bola Indonesia U-19 menyiapkan lima eksekutor tendangan bebas yang jika diturunkan bisa beraksi pada laga pamungkas Grup A Piala AFC U-19 2018 kontra Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/10). Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri mengatakan, para eksekutor tersebut, yakni Muhammad Luthfi Kamal, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Todd Rivaldo Ferre, dan Nurhidayat Haji Haris. 

Advertisement

Advertisement

“Kami memang mempunyai banyak penendang bebas,” ujar Indra. 

Menuut dia, situasi bola mati seperti tendangan bebas memang menjadi semacam pakem baru dalam taktik sepak bola modern yang sebelumnya sudah diisi dengan cara bertahan, menyerang, dan transisi. Indra mengatakan, tim-tim di Piala Dunia dan Asian Games 2018 juga banyak menang dengan memaksimalkan situasi bola mati ini. 

Pada laga Grup A Piala U-19 Asia kontra Qatar, Ahad (21/10), Indonesia memetik buah dari tendangan bebas.  Ketika itu, tiga kesempatan Indonesia melalui sepakan bebas langsung berhasil diubah menjadi gol oleh tiga penendang berbeda yakni Muhammad Luthfi Kamal, Todd Rivaldo Ferre, dan Saddil Ramdani. Hal serupa tentu diharapkan kembali terjadi saat Indonesia bersua Uni Emirat Arab (UEA), Rabu (24/10). 

Saat berhadapan dengan Qatar, lima gol dari Muhammad Luthfi Kamal (28′), Todd Ferre (65′, 72′ dan 80′), serta Saddil Ramdani (68′) membuat Indonesia memperkecil kedudukan menjadi 5-6 setelah tertinggal 1-6 sampai 20 menit babak kedua berjalan. Qatar membuat gol melalui Hashim Ali (10′, 50′), Abdulrasheed Umaru (14′, 41′, 56), dan Mohammed Waad (23′).

Timnas U-19 Indonesia saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala U-19 Asia 2018 dengan tiga poin dari dua laga. Sementara Qatar bertengger di peringkat kedua juga dengan tiga poin, tetapi unggul head to head dari Indonesia. 

Uni Emirat Arab (UEA) menjadi pemuncak klasemen Grup A dengan mengoleksi enam poin. Cina Taipei menjadi juru kunci setelah tak mampu memenangi dua pertandingan yang telah dijalani.

Pada Rabu (24/10) mulai pukul 19.00 WIB, Indonesia akan menghadapi UEA pada laga terakhir Grup A Piala AFC U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Kemenangan akan membawa Indonesia ke babak perempat final. 

Pada hari dan jam yang sama, Qatar akan melawan Cina Taipei di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Secara matematis, semua tim masih berpeluang lolos mewakili Grup A.

Sumber: Republika

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya