Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Korpri Ingin PNS Punya Jenjang Karir

Ide ini telah disampaikan kepada pemerintah.

HARIANACEH.co.id, JAKARTA — Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh meminta kepada pemerintah agar pegawai negeri sipil (PNS) bisa memiliki jenjang karir. Adapun PNS Eselon I dan Eselon II semestinya bisa ditempatkan secara nasional.

“Jadi kepala dinas bisa bertugas promosi di pusat sebagai Eselon II, sekretaris daerah bisa menjadi deputi, menjadi dirjen di kementerian, jadi PNS Eselon II dan Eselon I ditempatkan secara nasional,” ujar Zudan ketika ditemui di Kantor Wakil Presiden, Kamis (1/11).

Zudan mengatakan, pejabat Eselon I dan Eselon II merupakan aset nasional sehingga perlu diberikan perlindungan karir. Terlebih, pejabat Eselon I dan Eselon II di daerah yang berprestasi semestinya bisa ditempatkan di kementerian pusat agar mempunyai pengalaman kerja secara nasional. Selain itu, tujuan perlunya jenjang karir bagi PNS adalah untuk menjaga kekosongan ketika terjadi pergantian jabatan.

“Jadi idenya adalah ketika sekdanya masih muda, belum pensiun, jangan kemudian non-job, gubernur lihat yang di pusat ada dirjen, deputi, staf ahli yang cocok nggak, kemudian kepala dinas (daerah) yang rising star harus punya pengalaman di level nasional dan nanti pulang menjadi sekda,” kata Zudan.

Ide ini telah disampaikan oleh Dewan Pengurus Korpri Nasional kepada pemerintah sejak dua tahun lalu. Adapun, dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Zudan juga menyampaikan ide jenjang karir PNS tersebut. Dalam pertemuan itu, wakil presiden menyatakan dirinya sudah menyampaikan agar ide tersebut ditindaklanjuti menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Pak wapres sudah menyampaikan agar Menpan RB (menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi) dan kepala BKN agar sistem PNS lebih terjaga, bisa berupa PP (peraturan pemerintah),” ujar Zudan.

Zudan menjelaskan, sistem pemerintahan sekarang yakni desentralisasi sehingga PNS di daerah karirnya hanya berputar di daerah tersebut. Mereka bisa keluar dari daerah apabila mengikuti open biding untuk satu jabatan tertentu yang ada di pemerintah pusat. 

Sumber: Republika

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya