Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Kominfo Aceh Barat Gelar FGD Bahas Tentang Penyusunan DIP

MEULABOH- Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh Barat, rabu (07/11/18) di Aula Kantor Bupati setempat bersama Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) membahas tentang Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) kepada masyarakat yang ikut hadir dalam kegiatan itu.

Plt Kadis Kominfo Rusnaini mengatakan, FGD penyusunan DIP terlaksana atas kerjasama Pemerintah Aceh Barat, dengan Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Aceh, Tim Pengabdian Universitas Teuku Umar serta Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), worshop itu dilaksanakan agar masyarakat paham tentang akses informasi publik. baik yang boleh diakses atau yang dikecualikan, ujar Rusnaini.

Menurut Rusnaini, Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Sumber daya Komunikasi dan Informasi atau Forum PPID menjadi penting untuk dilaksanakan sebagaimana amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di Aceh Barat, jelasnya.

Sementara itu Bupati Aceh Barat, diwakili Asisten I Meurah Ali, menyebutkan. keterbukaan informasi publik menjadi kewajiban badan publik negara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, namun tidak semua informasi badan publik negara boleh diakses oleh masyarakat karena ada Informasi Publik yang dikecualikan sifatnya rahasia dan tidak dapat diakses oleh publik sesuai dengan kriteria yang diatur dalam Pasal 17 UU KIP. katanya.

“Pemerintah Aceh Barat terus berupaya secara maksimal dalam pelaksanaan UU KIP melalui pemenuhan layanan informasi publik kepada masyarakat”, ungkap Meurah Ali.

Kegiatan  tersebut menghadirkan empat  narasumber Ahli, yaitu. Amel (MaTA), Afrizal Tjoetra (akademisi UTU), Asriani, (Ketua Komisi Informasi Aceh), dan Zainuddi (Tenaga Ahli PPID Utama Aceh).[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya