Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Banjir Landa 29 Desa di Aceh Singkil

Singkil – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil mencatat sudah 29 Desa di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh terendam banjir tiga hari terakhir ini.

Kepala BPBD Kabupaten Aceh Singkil Sulaiman ST melalui Pusdalops PB Rosiana Kusuma Wardani Jum’at mengatakan, 29 Desa yang di genangi banjir dalam 5 Kecamatan di wilayah itu semakin meningkat.

“5 Kecamatan itu yakni, Kecamatan Suro, Singkil Utara, Singkil, Gunung Meriah dan Simpang kanan, kemungkinan akan terus bertambah karena curah hujan masih terus intens,” ujarnya.

Rosiana menuturkan, banjir pertama sekali di Kecamatan suro pada Selasa (6/11) Pukul 17.00 Wib sampai dengan pukul 23.00 Wib. selanjutnya kejadian banjir di Dua desa di Kecamatan Singkil Utara pada Kamis(8/11) pukul 01.00 WIB.

Rosiana menuturkan, Kecamatan Singkil digenangi banjir di 16 Desa, Kecamatan Gunung meriah digenangi banjir 5 Desa, Kecamatan Simpang kanan sebanyak 4 Desa dan Kecamatan Suro Satu Desa.

Penyebab banjir juga disebabkan curah hujan yang terus menerus sepekan ini, sehingga tingginya debit air menyebabkan meluapnya sejumlah sungai, selokan dan ruas badan jalan di beberapa kota dan pedesaan di wilayah Aceh Singkil.

Sementara dampak banjir yang merendam jalan nasional penghubung di Kecamatan Simpang Kanan-Subulussalam, terendamnya jalan nasional Menuju singkil-gunung meriah tepatnya di Kec. Singkil Utara arus transportasi mulai goyah dan menyangsikan.

Berdasarkan pendataan BPBD rumah penduduk di Desa Bulusema sebanyak 52 unit terendam banjir, terendamnya rumah penduduk di Desa Lae Bangun sebanyak 15 unit, terendamnya fasilitas ibadah seperti Masjid, dan terendamnya sejumlah perkantoran dan sekolah – sekolah di Aceh Singkil sehingga aktivitas pelayanan publik dan proses belajar terhenti sementara.

Dikatakan, masyarakat terdampak banjir untuk wilayah di Kecamatan Suro Desa Bulusema 55 KK 246 jiwa, Desa Lae Bangun 20 KK 88 jiwa, Dampak banjir Kecamatan Singkil Utara untuk Desa Ketapang indah 10 KK 43 jiwa, Desa Kampung Baru 58 KK 252 jiwa.

Selanjutnya Kecamatan Gunung meriah Desa Penjahitan 26 KK 78 jiwa, Desa Cingkam 85 KK 305 jiwa, Desa Sidorejo 122 KK 456 jiwa, Desa Tanah merah 20 KK 40 jiwa, Desa Rimo 117 KK 510 jiwa.

Sedangkan Kecamatan Singkil dan Kecamatan Simpang Kanan masih dalam proses pendataan.

Dalam hal ini pihak BPBD, TNI/POLRI, Dinas Sosial, dan Kecamatan dalam hal ini, langsung masih terus meninjau lokasi banjir .

BPBD juga telah menghidupkan alarm Siaga 1 Ews Banjir tepatnya di Desa ujung Bawang Kecacamatan Singkil, Aceh Singkil.

Kemudian BPBD dan Dinas Sosial hari ini juga akan menurunkan mobil dapur lapangan di 2 titik Yakni di Desa Ujung Bawang dan Desa Suka makmur, Kecamatan Singkil.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya