Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Pemilu Standar Peradaban Bangsa

semakin jujur dan adil pelaksanaan pemilu berarti semakin beradab bangsa tersebut.

HARIANACEH.co.id,  PEMALANG — Direktur Materi Debat dan Kampanye Tim Pemenangan Nasional (TPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said menghadiri pelantikan Relawan PADI (Prabowo-Sandi) se-Kabupaten Pemalang pada Ahad, (25/11). Dalam kesempatan itu, ia menyatakan pemilu ialah ukuran atau standar peradaban bangsa. Menurutnya, semakin jujur dan adil pelaksanaan pemilu berarti semakin beradab bangsa tersebut.

“Karena itu penyelenggara Pemilu harus netral. Tidak boleh memihak salah satu paslon,” katanya dalam siaran persnya.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu juga meminta aparat keamanan dan intelijen untuk menjaga netralitas. Ia mengimbau aparat harus melindungi dan mengayomi semua masyarakat tanpa pengecualian.

“Pemimpin politik silih berganti. Jika aparat tidak netral nanti bisa repot,” ujar penanggungjawab PADI wilayah Jateng tersebut.

Sementara itu, Direktur Relawan PADI Ferry Mursidan Baldan menyampaikan hal serupa. Ia meminta pemerintah dan aparat penegak hukum tidak mengintervensi kewenangan penyelenggara Pemilu.

Misalnya dalam urusan, Daftar Pemilih Tetap (DPT), pemerintah wajib menyerahkan daftar penduduk yang sudah memiliki hak pilih. Dan yang memiliki wewenang menetapkan DPT adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Jadi tidak elok jika pemerintah yang mengajukan DPT ke KPU. Ingat mata dunia selalu mengamati penyelenggaraan Pemilu di Indonesia. Jangan sampai peradaban kita dianggap rendah karena kecurangan dalam Pemilu,” tuturnya.

Sumber: Republika

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya