Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Dialog Kewaspadaan di Aceh Timur, Iqbal Farabi: Gampong Harus Terlibat Buat Program Kesejahteraan Aceh

Aceh Timur, HARIANACEH.CO.ID: Praktisi Hukum yang juga tokoh masyarakat Aceh Timur Iqbal Farabi, SH meminta masyarakat gampung berperan aktif dalam membuat program-program yang terencana untuk pembangunan Aceh yang lebih baik, karena secara umum, pembahasan anggaran untuk Aceh sudah disepakati dan diteken bersama DPR Aceh untuk tahun 2019 sudah bisa dikerjakan mulai bulan Januari 2019.

“Dan sejak awal tahun sudah harus dimulai pekerjaan, dan kita harapkan akan ada perputaran uang di Aceh,” kata Iqbal farabi saat berbicara dihadapan tokoh masyarakat, ulama, tokoh muda, dan tokoh perempuan di Aceh Timur pada acara “Dialog Kewaspadaan Nasional” yang digelar Kesbangpol Aceh di Hotel The Royal Idi, Idi Rayeuk, Aceh Timur, Senin 3 Desember 2018.

Menurut Iqbal Farabi, peran masyarakat Gampong dalam menentukan program pembangunan sangat penting untuk ditampung dalam sinergi pembangunan Aceh.

“Dan kebersamaan di Gampong juga sangat penting dalam fungsi mengawasi pembangunan yang dilakukan oemerintah,” Kata Iqbal yang juga Asistensi Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Dijelaskan Iqbal, pembahasan anggaran yang dilakukan sejak awal sangat penting untuk menjaga kestabilan keamanan di Aceh, karena pekerjaan yang berjalan untuk mensejahterakan rakyat Aceh secara menyeluruh.

“Dengan jadwal anggaran yang tepat waktu, berarti disana akan terjadi kesejahteraan karena uang yang beredar sesuai program yang disepakati bersama karena ada keterlibatan masyarakat Gampong,” ujarnya.

Ditekankannya, pada tahun 2018 Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) sudah diteken, dan diharapkan penghujung tahun sudah diteken Mendagri.

“Tentu kalau pembangunan menyeluruh segala bentuk pengaruh radikal dan kekerasan bisa diperkecil, perdamaian bisa terjaga,” demikian Iqbal.

Pada acara Dialog, Selain Iqbal Farabi, turut menjadi pembicara Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan pengamat polkam Aryos Nivada, Peneliti Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh Mukhlisuddin Ilyas. (ji)

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya