Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Hari Anti Korupsi Sedunia, Aktivis Soroti Kinerja Bupati Singkil

Singkil – Momentum setiap tanggal 9 Desember, masyarakat di berbagai belahan dunia memperingati hari anti korupsi. Ini merupakan yang ke 15 sejak ditetapkan oleh PBB pada 9 Desember 2003.

Korupsi saat ini sudah membudaya mulai dari Lembaga tinggi negara sampai yang terkecil pada tingkat pedesaan, terlebih saat ini pemerintahan desa setiap tahunnya dapat kucuran anggaran untuk dikelola berkisar pagu kurang lebih 1 Miliar per desa.

Indonesia saat ini termasuk salah satu negara dengan indeks korupsi yang cukup tinggi sebesar 37 Data dari The World Economic Forum pada Oktober 2018, Indonesia berada pada urutan ke 80 (Jika diurutkan dari negara paling bersih ke paling korup). Sementara Yaman saat ini dikatakan merupakan negara terkorup di dunia, benarkah itu?

Mengarah pada Kabupaten Aceh Singkil sebagai bagian dari NKRI tak lepas dari Indikasi korupsi. Terbukti baru-baru ini sejumlah Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Singkil (Himapas) mengeluarkan statement agar KPK turun ke daerah tersebut.

Sekjen Himapas, Zazang Nurdiansyah membeberkan kepada sejumlah media (5/12/2018). Mulai dari penyaluran bantuan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) 80 Watt, Miliaran anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia(KONI) Aceh Singkil tahun 2018 berbanding terbalik dengan prestasi atlet sampai pada sisa anggaran Dana Otonomi Khusus Aceh(DOKA) tahun 2017 yang nilainya mencapai 6,7 Miliar.

Sementara LSM Central Hukum dan Keadilan, turut mempertanyakan sisa Dana Otonomi Khusus Aceh(DOKA) yang nilainya mencapai Rp 6,7 Milyar dan seharusnya menjadi SiLPA tahun 2017 dan dapat dipergunakan pada anggaran tahun 2018.

Menurut Direktur LSM CHK, Razaliardi Manik kepada wartawan (6/12/2018) mengatakan dari dana Otsus sebesar Rp 118.138.819.332,- Milyar itu yang terealisasi hanya sebesar Rp 111.374.180.178 Miliar. Terdapat sisa anggaran dana Otsus sebesar Rp 6.764.639.154 Miliar.

“Sisa dana sebesar Rp 6.764.639.154,- ini, seharusnya menjadi Silpa tahun anggaran 2017 dan merupakan penerimaaan pembiayaan daerah tahun anggaran 2018,” katanya.

Masih banyak persoalan kompleks soal korupsi. Ini hanya sejumlah indikasi korupsi yang hanya sebagian dari sejumlah indikasi korupsi yang terjadi di Bumi Syekh Abdurrauf Assingkily.

Hari Antikorupsi sejatinya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan korupsi serta dampak negatif yang ditimbulkan terhadap masyarakat. Korupsi melibatkan penyalahgunaan kekuasaan yang dipercayakan oleh perilaku a-moral ketidak jujuran yang mengarah pada keuntungan pribadi atau golongan.

Korupsi merupakan masalah serius yang dapat menghancurkan sebuah negara dan merusak laju perekonomian masyarakat. Indeks persepsi korupsi mengukur tingkat korupsi yang dirasakan di seluruh dunia dan menyatakan lebih dari 68 persen negara di dunia memiliki masalah serius soal korupsi.

Tidak ada negara di dunia yang sepenuhnya terbebas dari korupsi.

Oleh: Sahab

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya