Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Di Aceh Utara, Masjid Terbanyak Jemaah Salat Subuh Dapat Penghargaan

Lhoksukon- Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib memberikan penghargaan kepada masjid dengan jumlah jemaah Salat Subuh terbanyak. Itu sebagai ucapan terimkasih Pemkab kepada pengurus masjid karena telah menggerakan masyarakat lebih rajin salat berjemaah.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dalam prosesi memperingati 100 Hari Jihad Subuh dan Satu Tahun Safari Subuh Pemkab Aceh Utara, berlangsung di Masjid Agung Baiturrahim Lhoksukon, kemarin.

“Mudah-mudahan ke depan kegiatan Salat Subuh berjemaah ini kian ramai jemaahnya, bukan hanya masjid-masjid kecamatan, tapi juga masjid yang ada di kemukiman dan gampong. Saya yakin, Aceh Utara akan berjaya jika ramai yang mau Salat Subuh ke masjid,” kata Cek Mad, sapaan akrab bupati.

Menurut Cek Mad, pemberian penghargaan berupa piagam itu sebagai ucapan terimakasih karena telah menggerakkan masyarakat untuk salat Subuh di masjid. Karena, kata dia, salat subuh di masjid itu cukup berat, dibutuhkan perjuangan secara personal.

“Oleh sebab itu, orang yang Salat Subuh ke masjid bisa disebut telah melakukan jihad subuh,” ujar Cek Mad.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, Bupati Cek Mad sangat mengapresiasi diadakannya kegiatan safari subuh. Dia juga mengajak semua masyarakat di setiap masjid agar melaksanakan Salat Subuh berjamaah dan juga salat lima waktu lainnya.

“Shalat subuh secara berjamaah ini bukan hanya dari sisi ibadah, tapi juga punya konsekuensi sosial yang luar biasa besar manfaatnya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan penghargaan untuk Masjid Mideun Syuhada Kecamatan Syamtalira Bayu sebagai terbaik I tingkat kabupaten yang memiliki jumlah jemaah terbanyak.

Untuk terbaik II diraih oleh Masjid Taqwa Keude Karieng Kecamatan Meurah Mulia, sedangkan terbaik III adalah Masjid Baiturrahim Abu Keumala Kecamatan Seunuddon.

Khusus untuk masjid-masjid dalam Kecamatan Lhoksukon yang memiliki jumlah jemaah terbanyak pada Salat Subuh, masing-masing Masjid Baitul Atiq Gampong Geumata (terbaik I), Masjid Baitul Karamah Gampong Asan LB (terbaik II), dan Masjid Al-Hidayah Gampong Meunasah Reudeup (terbaik III).

Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat mendorong motivasi bagi pengurus masjid dan BKM masjid, juga segenap lapisan masyarakat, untuk terus mengampanyekan Salat Subuh berjemaah. Sebab, shalat subuh berjamaah merupakan salah satu kekuatan umat Islam yang sangat ditakuti dan disegani musuh Islam.

Untuk diketahui, Pemkab Aceh Utara secara rutin setiap Minggu dini hari menggelar kegiatan safari subuh ke masjid yang ada di daerah itu secara bergilir. Selain Bupati dan Wakil Bupati Fauzi Yusuf, acara itu juga dihadiri jajaran pejabat Forkopimda Aceh Utara, para kepala SKPK, para camat, para pimpinan Ormas Islam, para pimpinan dayah dan ulama, serta para imum syik masjid.[ril]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya