Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Tangerang ingin punya stasiun kereta antarkota seperti Stasiun Gambir

Jakarta (ANTARA News) – Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah, berharap kota yang dipimpinnya memiliki stasiun kereta antarkota seperti Stasiun Gambir, di Jakarta. Stasiun Gambir juga berfungsi sebagai stasiun utama kereta api lintas Pulau Jawa.

“Kita sudah sampaikan kepada Menteri Perhubungan, karena saya melihat Jakarta macet, dari bandara kalau mau terkoneksi dengan kereta api tujuan Bandung atau Cirebon harus ke Gambir. Padahal di Kota Tangerang terdapat jalur kereta ganda, kita menyarankan kenapa tidak lewat Kota Tangerang,” ujar dia, di Jakarta, Selasa.

Ia lebih lanjut menjelaskan, rute stasiun antarkota di Kota Tangerang bisa dikembangkan melalui Kota Tangerang Selatan, kemudian Bintaro, terus sampai terkoneksi langsung hingga Bekasi di Jawa Barat.

“Mengurangi kemacetan di Jakarta, itu bagian dari solusi yang kita tawarkan,” kata Wismansyah.

Menurut dia, masyarakat tidak perlu bermacet-macet di Jakarta saat bepergian, karena Kota Tangerang bisa mendukung kebutuhan infrastruktur transportasi Jakarta.

“Sebenarnya kita lagi fokus sekarang ke pemerintah pusat adalah memindahkan (stasiun) Gambir ke Tangerang. Kita ingin ada stasiun kereta antarkota di Kota Tangerang,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menilai stasiun antarkota di Tangerang lebih memudahkan koneksi langsung dengan Bandara Soekarno-Hatta ketimbang Stasiun Gambir, dimana masyarakat bisa langsung melanjutkan perjalanan dengan kereta ke kota-kota lainnya tanpa harus masuk ke Ibukota Jakarta.

Juga mengingat untuk ke depannya jumlah penumpang di bandara tersebut akan meningkat dari 55 juta orang menjadi 100 juta orang.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Sumber: Antara

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya