Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Sanggar Cut Meutia Sabet Tiga Juara di Festival Seni Lhokseumawe

Lhoksukon- Sanggar Cut Meutia Pendopo Bupati Aceh Utara, binaan Hj. Cut Ratna Irawati, SE, menyabet tiga kategori juara di pertunjukan seni Lhokseumawe Art Festival 2018.

Pertunjukan itu dihelat di pelataran samping Stadion Tunas Bangsa Lhokseumawe pada 8-11 Desember 2018, diikuti pegiat seni dari Bireuen, Kota Sabang, Banda Aceh, Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Sanggar Cut Meutia Aceh Utara ikut ambil bagian dalam festival tersebut dengan mengikuti sejumlah perlombaan.

Ketua Sanggar Cut Meutia Hj. Cut Ratna Irawati dalam keterangan tertulis mengatakan, tiga juara yang diraih tersebut masing-masing juara I Tari Kreasi, penata tari terbaik dan juara III Musik Kolaborasi.

“Tari Gaseh Meusandeng menceritakan tentang prosesi adat perkawinan Aceh, di mana dalam kearifan lokalnya merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari hari,” kata Cut Ratna, Rabu.

Dijelaskan, dalam upacara adat perkawinan Aceh, terdapat beberapa prosesi adat yang harus dilaksanakan sebagai syarat sahnya sebuah adat perkawinan. Seperti “jak ba ranup” (lamaran) sekaligus “jak ba tanda” (pertunangan), dan prosesi pernikahan (akad) hingga pesta perkawinan (intat lintoe).

Tarian ini, sambung Cut Ratna, digambarkan dalam bentuk gerak yang heroik, dinamis, inovatif dan semua masih dalam konteks budaya setempat.

Tarian ini juga menggunakan properti seperti dalong, payung, dan properti pendukung lainnya, dengan diiringi beberapa alat musik tradisional dan modern, sehingga tarian ini dikemas dalam bentuk kesenian yang sangat memukau dan membuat decak kagum penonton.

Sementara untuk penata tari terbaik diraih oleh Musrafi, ST, dari Sanggar Cut Meutia. Sedangkan untuk mata lomba Musik kolaborasi meraih Juara III dengan judul “peusaho su” dengan penata musik Uyung Wallad dkk.

Penyerahan hadiah dilakukan pada Selasa (11/12) malam, diterima langsung Ketua Sanggar Cut Meutia Aceh Utara Hj. Cut Ratna Irawati.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi untuk anak anak kami di Sanggar Cut Meutia yang telah menoreh prestasi ini,” demikian Cut Ratna.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya