Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Warga Seunuddon Adukan Soal Abrasi Ganas Pada Ketua MPR

Lhoksukon- HARIANACEH.CO.ID: Warga Gampong Lhok Puuk dan Ulee Rubek Barat melalui Panglima Laot Kecamatan Seunuddon, Aceh Utara, Amir Yusuf, mengadu soal abrasi pantai yang mengganas di dua gampong itu ke Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, yang juga Ketua Umum PAN.

Keluhan ini disampaikan Amir Yusuf ke Zulkifli Hasan yang di dampingi Anggota DPRK Aceh Utara, Hasanusi saat ketua MPR bersama rombongan itu bersilaturahmi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, petani dan nelayan Seunuddon, Rabu (19/12), sore.

“Di sela-sela beliau (Ketua MPR) menggelar silaturahmi di Seunuddon, saya mengajak untuk melihat langsung kondisi abrasi, meski tidak sempat saya bawa ke lokasi terparah,” kata Amir Yusuf, Kamis (20/12).

Pascamelihat abrasi, kata Amir Yusuf, Ketua MPR merespons dengan baik, yakni meminta agar pihaknya mengajukan proposal permohonan pembuatan tanggul pemecah ombak ke BNPB pusat.

“Beliau berjanji akan mengawal proposal itu melalui anggota dewan di DPR RI, tetapi Ketua MPR menyebut hanya akan mampu mengupayakan sekitar 2 kilometer tanggul pemecah ombak untuk tahun 2019, dan proposal ini juga harus mendapat persetujuan dari bupati,” jelas Amir Yusuf.

Amir Yusuf menyebutkan, abrasi di Gampong Lhok Puuk dan Ulee Rubek Barat kian mengganas dan mengancam rumah penduduk setempat, bahkan air laut kerap memasuki pemukiman penduduk saat pasang purnama.

Menurut Amir Yusuf, bila persoalan abrasi ini tidak serius ditanggapi pemerintah, maka tidak tertutup kemungkinan dalam beberapa tahun ke depan, dua gampong dimaksud akan berubah menjadi lautan.

“Di tempat-tempat tertentu, abrasi ini hanya tersisa beberapa meter lagi dengan badan jalan dan rumah warga. Makanya kita berharap agar persoalan abrasi ini serius ditangani pemerintah,” imbuhnya.

Sebenarnya, tambah Amir lagi, abrasi ini terjadi di hampir sepanjang pantai Seunuddon dan terparah saat ini di Lhok Puuk dan Ulee Rubek Barat.

Ketua DPD PAN Aceh Utara Hasanusi menyebutkan, Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berkunjung ke Aceh dalam rangka kunjungan kerja sekaligus silaturahmi.

“Beliau melakukan silaturahmi ke sejumlah tempat di Aceh, di antaranya mengisi kuliah umum dan diskusi tentang wawasan kabangsaan di Dayah Malikussaleh, Aceh Utara, termasuk silaturahmi ke Seunuddon,” jelasnya.

Anggota DPR Aceh Utara itu juga membenarkan, bahwa Zulkifli Hasan menanggapi keluhan warga Lhok Puuk dan Ulee Rubek Barat soal abrasi.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya