Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

SMK Gunung Meriah Singkil Raih Predikat Unggul Nilai A dari BAN Aceh

Singkil – Setahun terakhir ini dalam dunia pendidikan banyak sekolah lanjutan menengah pertama dan atas yang ada di wilayah Aceh Singkil, Provinsi Aceh kurang memuaskan di segi kualitas serta penerapan metode penyampaian kepada wali murid bagaimana cara agar siswa mau bersekolah di sekolah tersebut.

Bahkan ada sekolah yang dulunya memiliki kualitas yang di jagokan, kini potensinya merosot turun ke bawah melebihi standar kualitas dan bahkan nyaris tidak ada murid yang mendaftar di setiap awal tahun ajaran baru.

Fenomena ini suatu mimpi buruk bagi sebuah lembaga pendidikan di daerah Aceh paling ujung barat selatan ini.

Namun dibalik itu semua sangat jauh berbeda halnya dengan SMK Negeri 1 Gunung Meriah, Aceh Singkil. Di saat semakin banyaknya sekolah baru buka, mereka tetap bersinergi dan melakukan upaya bagaimana bisa memajukan sekolah tersebut.

Ketika Badan Akreditasi Nasional(BAN) Aceh melakukan penilaian terhadap seluruh sekolah baik dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat se Aceh Kabupaten/Kota, SMK Negeri 1 Gunung Meriah ternyata duam – diam mendapatkan predikat nilai yang sangat baik.

Hal ini tentu menjadi suatu kejutan yang patut di teladani baik sekolah SMA, maupun kejuruan lainnya, sebab sebelumnya SMKN 1 Gunung Meriah pernah hanya mendapatkan predikat nilai C atau cukup.

Melalui surat keputusan dari BAN Provinsi Aceh dengan Nomor 956/BAN-SM/Aceh/SK/2018 yang di keluarkan oleh lembaga penjamin mutu pendidikan itu pada awal Desember 2018 lalu memberikan Nilai A predikat unggul kepada SMK Negeri 1 Gunung Meriah, Aceh Singkil.

Prestasi membanggakan ini tentu saja tidak lepas dari kinerja kepala sekolah bersama dewan guru dalam membuat komitmen bagaimana cara mencapai sebuah arti keberhasilan.

Tentu ada peran seseorang di balik pencapaian ini, kalau bukan Drs M Saipulah S, sosok kepala sekolah yang bersahaja yang selalu menerapkan kedisiplinan terhadap dewan guru serta anak didiknya.

Kepala Sekolah Drs M Saipullah S Jum’at(21/12) kepada wartawan di Singkil mengatakan, pencapaian hasil ini berkat kerjasama dengan dewan guru.

“Saya tidak mungkin mampu memajukan sekolah yang kita cintai ini, tanpa ada upaya kerjasama bersama dengan dewan guru dan wali murid, sehingga dari hasil jerih payah kita ini di hargai dengan predikat unggul,” kata Saipullah.

Walau pun banyak cobaan yang ingin menghalangi dirinya dalam memajukan sekolah tersebut namun beliau tetap sabar dan tabah sehingga pada akhirnya SMKN 1 Gunung Meriah jurusan Mayoritas Otomotif tersebut bisa mendapatkan predikat Unggul.

Perlu diketahui bersama SMKN 1 Gunung Meriah beranjak naik bukan tanpa pencapaian yang pelik dari fasilitas yang sangat minim hingga hampir memadai saat ini, adalah dengan sinergi yang besar.

Siswa nya pun terus bertambah dari hanya 300 orang siswa menjadi 500 lebih pada tahun ajaran 2018 ini. Dengan begitu tanda kepercayaan masyarakat semakin tinggi di SMKN 1 Gunung Meriah tersebut.

Ini adalah langkah awal untuk semua sekolah yang di Aceh Singkil ini dan sekaligus menjadi bahan evaluasi kepada kepala sekolah yang lain bagaimana bisa memajukan sekolah agar mendapat predikat.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya