Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Bupati Aceh Jaya Hibahkan Mobil Bus untuk Kelancaran Majelis Ta’lim

Calang – Bupati Kabupaten Aceh Jaya, Irfan TB menyerahkan bantuan lima unit mobil bus ukurun mini kepada pengurus majelis ta’lim yang berada di lima Kecamatan dalam daerah itu untuk kelancaran kegiatan keagamaan.

Bupati Irfan TB menyerahkan mobil bantuan tersebut dihadapan ribuan masyarakat Kabupaten Aceh Jaya di sela-sela acara peringati 14 tahun bencana alam gempa bumi dan gelombang Tsunami. Rabu (26/12/2018).

Acara peringati tsunami yang dikuti oleh kepala daerah, Forkopimda, para ulama dan ribuan warga Aceh Jaya tersebut berlangsung di taman memorial Tsunami di Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee, kabupaten Aceh Jaya.

Amatan dilapangan, sebelum bupati Irfan TB menyerahkan kunci kendaraan bantuan tersebut kepada pengurus mejelis ta’lim terlebih dahulu mobil mini bus tersebut di tepung tawari, alias di pesijuek sebagai bentuk keberkatan.

Usai bupati Irfan TB menyerahkan mobil bus bantuan tersebut, kepala daerah bersama dengan warga Aceh Jaya melakukan zikir dan doa bersama untuk para syuhada saat gelombang tsunami 26 Desember 2004 silam.

Setelah itu kepala daerah juga menyerahkan santunan anak yatim yang dilakukan secara simbolis kepada perwakilan dari setiap Kecamatan. Setiap tahun pemkab setempat selalu memberi santunan kepada seluruh anak yatim di Aceh Jaya.

Bupati Aceh Jaya Irfan TB mengatakan, pengadaan lima unit mobil mini bus yang dihibahkan untuk kelancaran pelaksanaan majelis ta’lim tersebut anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018.

Untuk tahap pertama lanjut bupati, Pemkab Aceh Jaya melakukan pengadaan sebanyak lima unit untuk diberikan kepada lima kecamatan. Sementara empat kecamatan lainnya akan di serahkan pada anggaran tahun 2019 akan datang.

Bupati mengatakan, mobil-mobil bantuan untuk kelancaran kegiatan majelis ta’lim tersebut dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di setiap Kecamatan.

Seperti mobil untuk Kecamatan Pasie Raya dikelola oleh BumDes Tuwie Kareung.

Kecamatan Teunom dikelola BumDes Keude Teunom, Kecamatan Krueng Sabee dikelola BumDes Dayah Baro, Kecamatan Darul Hikmah dikelola BumDes Patek dan Kecamatan Jaya dikelola BumDes Paoh.

“Jadi, berdasarkan hasil evaluasi Dinas Perhubungan, BumDes yang referentatif mengelola mobil bus majelis taqlim ini. Mobil ini nantinya bisa juga digunakan untuk keperluan lain asalkan tidak terbentur dengan agenda keagamaan ini,” ujar bupati Irfan TB.

Bupati Irfan TB juga berharap kepada BumDes agar menjaga dan merawat mobil tersebut sebaik mungkin, supaya setiap ada kegiatan keagamaan tidak menjadi terhambat.

Laporan Alfuadi dari Aceh Jaya

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya