Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Irvandi: Proteksi Debu Batu Bara Mifa Dinilai Berhasil

MEULABOH- Pencegahan atau penanganan pencemaran debu batu bara di kawasan pemukiman penduduk Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo, dinilai berhasil. Keberhasilan itu dilihat dari proteksi debu tidak lagi menyebar setelah pihak perusaan memasang jaring dan penyiraman menggunakan water canon di sekitar stokcpile milik PT Mifa, penegasan itu disampaikan tokoh masyarakat Aceh Barat, Irvandi Hata kamis (27/12/18) kepada HARIANACEH.co.id.

Menurut Irvandi, sebelumnya debu batu bara berasal dari penumpukan (stockpile) sempat hinggap dirumah warga sekitar, namun sekarang sudah tertangani dengan baik setelah dilakukan proteksi dengan memasang jaring pengaman debu atau arnet.

“Keprihatinan kita sudah terjawab, Mifa telah melakukan penanganan sesuai protap, sebenarnya untuk menjaring debu batu bara agar tidak masuk ke rumah warga dengan jarak hanya terpaut 20 meter antara lokasi stokcpile. Tidak mudah, butuh waktu yang panjang” katanya.

Dikatakan Irvandi, pada tahun 2017 lalu, ia bersama Kadis ESDM Provinsi pernah meninjau lokasi stokcpile batu bara PT Mifa di Peunaga Cut Ujong, ketika itu belum ada jaring arnet disekitar stockpile . tetapi penangananya dinilai cepat meskipun belum sepenuhnya terealisasi, namun patut kita apresiasi. sehingga proteksi debu di kemukiman warga tertangani dengan baik.

“sekarang tidak lagi kita dengan keluhan warga terkait debu batu bara disana, karena. diakui antisipasinya sangat efektif, penyiraman debu di sekitar lokasi bongkar muat secara rutin dilakukan, selain itu tidak terdengar lagi keinginan warga untuk direlokasi. sebab sudah nyaman dari debu” ungkap Irvandi.

Seperti diketahui, lokasi penyetopan terakhir batu bara berada di Desa Peunaga Cut Ujong, sebelum dimasukan ke kapal tongkang untuk diangkut ke luar Aceh termasuk ke India.[]

 

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya