Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Kodim 0107 Aceh Selatan Siap Bantu Panwaslih Kawal Pemilu 2019

Tapaktuan – Ketua dan komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan beraudensi sekaligus bersilaturrahmi dengan Dandim 0107/Asel Letkol (Inf) R. Sulistiya Herlambang HB, di Makodim, Jalan TR Angkasah, Tapaktuan, Jum’at (28/12/2018).

Kehadiran Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Baiman Fadhli SH, didampingi komisioner lainnya Azhari dan Zarlianto, serta sejumlah staf disambut oleh Dandim Herlambang, diruang kerjanya sekitar pukul 16.00 WIB.

Pertemuan dalam suasana keakraban itu, membahas strategi pengawasan Pemilu legislatif DPR RI, DPD, DPRA dan DPRK serta Pilpres tahun 2019 yang tahapannya saat ini telah mulai berlangsung.

Dandim 0107/Asel, Letkol (Inf) Herlambang dalam kesempatan itu mengatakan, siap mendukung langkah – langkah pengawasan yang dilakukan Panwaslih Aceh Selatan menjelang Pemilu 2019.

“Kita dari jajaran Kodim 0107/Asel maupun di jajaran Koramil siap mendukung fungsi Panwaslih dalam melakukan pengawasan Pemilu 2019,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Dandim, ketika menjawab permintaan Ketua Panwaslih Baiman Fadhli, terkait kompleksnya permasalahan bila diterapkan pola pengawasan secara aturan yang berlaku.

Seperti pemasangan alat peraga kampanye (APK) calon legislatif (Caleg) yang dipasang di lokasi yang tidak semestinya. Selain itu, APK yang seharusnya disebar adalah APK yang resmi dikeluarkan oleh KIP.

“Sedangkan di lapangan, APK yang terpasang kebanyakan di buat sendiri oleh caleg. Untuk itu kami perlu dukungan dari bapak Dandim,” pinta Baiman Fadhli.

Dandim 0107/Asel Herlambang melanjutkan, jika diperlukan penertiban, pihaknya akan mendukung, namun terlebih dahulu dilakukan koordinasi dengan unsur terkait.

“Kita siap membantu apapun bentuk kesulitan yang timbul dilapangan. Jika ada timbul kesulitan di level kabupaten silahkan laporkan ke saya, jika ada kesulitan di level kecamatan silahkan lapor ke Koramil,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, fungsi Panwascam harus betul – betul berperan dalam pengawasan di lapangan. Terlebih lagi personil yang bekerja di Panwascam harus bisa mendahului kepentingan bangsa, daripada kepentingan pribadi.

“Dalam kesempatan ini, saya sampaikan bahwa menjelang pemilu 2019, saya akan menindak tegas oknum anggota TNI yang terlibat politik praktis,” tegasnya lagi.

Namun tambahnya, tindakan tegas tersebut dilakukan apabila nanti ada bukti – bukti keterlibatan oknum TNI telah melanggar atau beraroma pelanggaran Pemilu.

“Karena disetiap kesempatan, hal ini sering saya sampaikan kepada anggota TNI dijajaran Kodim 0107/Asel, untuk saling menjaga netralitas TNI pada pemilu 2019,” pungkasnya.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya