Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Akses Jalan Lumpuh, Banjir Bandang Landa Beberapa Desa di Aceh Tenggara

Kutacane – Lagi, akses jalan Belangejeren-Kutacane terhenti akibat banjir bandang di Desa Natam, Aceh Tenggara , Jumat 28 Desember 2018 malam sekitar pukul 19.00 Wib.

Banjir Bandang yang terjadi juga mengakibat rumah warga rusak parah dan ringan karena banjir sisertai lumpur tebal yang merendam kampung.

Pantauan Harian Aceh Indonesia hari ini, Sabtu, di lokasi, banjir masih belum terhenti, karena kondisi air sungai Natam Lama, Kecamatan Badar, belum turun juga. Terlihat petugas BPBD berusaha untuk menormalisasikan air sungai agar Akses jalan Gayo Lues- Kutacane bisa di lalui, baik oleh kendaraan Roda 2 (dua) maupun roda 4 (empat). Petugas juga membuka aliran air yang tidak menuju ke rumah warga.

Sementara itu di lokasi lainnya, banjir Bandang juga melanda Kecamatan Babussalam pada Jumat malam sekitar 18.30 wib. Banjir didesa tersebut disebabkan luapan air sungai Lawe Bulan, Kute Pulolatong , Kute Kutacane ikut terendam, begitu juga Dusun Strak Pisang, Gang Roma, Gumpang Jaya , dan Kutacane lama.

Dari informasi yang diperoleh, luapan air sungai Lawe Bulan dan sungai Natam gara-gara intensitas hujan yang tinggi, selain sudah terjadi pengrusakan hutan dan ilegal logging, itu terlihat banyaknya kayu besar yang ikut terhanyut banjir bandang.

Warga Kutacane lama Hasannudin (59) yang ditemui menyebutkaan atas kejadian banjir bandang madyarakat berharap kepada pemerintah agar memperhatikan tembok penahan air/beronjong di wilayah tersebut ditinggikan lagi agar banjir bisa dicegah ke rumah masyarakat.

Katanya, Pemerintah sudah menyalurkan bantuan masa panik unuk masyarakat.

Laporan Mahyuddin dari Aceh Tenggara

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya