Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Advertisement

Fitri Rupawan, “Service Hati” dan Gerakan Sosial Gayo untuk Perempuan

Habluminnallah Habluminannas (H2)

Takengon-Selalu ada cara yang dilakukan pebisnis Beautique dan pelaku Make-up, Fitri Rupawan, untuk menyenangkan orang lain seraya beramal, salah satunya kegiatan yang sedang berjalan bernama “Pejuang Subuh”, yakni penyajian “makan pagi” setiap hari Jum’at untuk jemaah subuh di mesjid-mesjid yang ada di Takengon.

Tentu segala biaya untuk itu, selain dari masyarakat umum bersumber dari sumbangan anggota Hablulminallah Hablulminannas atau dikenal H2, sebuah perkempulan perempuan yang mencurahkan “jiwa” untuk membantu orang lain, mengkaji persoalan dalam diri perempuan agar berguna bagi orang banyak, serta bentuk kegiatan sosial lainnya.

Advertisement

Advertisement

“Sangat menyenangkan bisa berbuat untuk orang lain,” kata Fitri Rupawan ketika dihubungi di Takengon, Jum’at 28 Desember 2018.

Bukan sekedar itu saja, Perempuan kelahiran Aceh Tengah ini sangat yakin, lembaga yang dia pimpin bisa melahirkan perempuan-perempuan cerdas berkualitas, karena kajian yang dilakukan bernama “Servis Hati” diisi oleh ahli-ahlinya dibidang agama, sosial, dan lainnya.

“Setiap bulan ada kajian Service Hati, karena pendiri H2 salah satuya adalah magister Psikologi,” ujar Fitri.

Psikolog yang dimaksud adalah Wahyuni M.Psi, psikolog yang juga pendiri H2 bersama Firi Rupawan. Bahan kajian yang diberi terkait “pemanfaatan kualitas diri dan sikap perempuan dalam status sosial”.

“Kajian soal mengenal diri sendiri itu rutin setiap bulan,” ujarnya.

Tentu tidak sampai disitu, H2 kini memiliki pengurus di tiga Kabupaten yakni Gayo Lues, Bener Meriah, dan Aceh Tengah.

“Tahun ini akan berkembang untuk beberapa kabupaten lainnya, kita inginkan akan lahir perempuan-perempuan yang faham potensi dan kodratnya,” ujar Fitri, Ibu dari 4 anak ini.

Aktifitas Fitri Rupawan selain menjadi “ibu” juga dikenal perempuan yang aktif. Menjadi pekerja sosial bersama lembaga H2, dia juga dikenal perempuan aktif. kegiatan lain selain pebisnis dan pelaku make up juga menjadi pelatih Zumba untuk ibu-ibu paruh baya di Takengon.

Lembaga ini juga aktif merespon persoalan “bencana”, kemiskinan, dan konflik. Pada tahun 2018, satu-satunya lembaga perempuan dari Aceh yang langsung mendatangi pengungsi Palestina Jalur Gaza, hanya untuk menyalurkan bantuan untuk anak-anak dan perempuan Palestina yang menderita akibat perang. Begitu pula ketika Gempa melanda Lombok, H2 juga bekerja mengumpulkan bantuan untuk diantar langsung untuk pengungsi disana.

Lembaga ini pula yang sempat menggelar kegiatan “Kemping Religi bersama Darwati A Gani dan Anak Yatim” di Toweren Takengon, yang muatan kegiatan adalah Outbond, kajian alam dan religi. Kegiatan penyerahan 5 Anugerah untuk 5 Perempuan di Gayo. Menyantuni anak yatim dan membantu fakir miskin yang tinggal di rumah tak layak, serta masih banyak lainnya.

Habluminnallah Habluminannas (H2)

Nama Forum Habluminallah Hablumnannas (H2) bagi perempuan di Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues sudah cukup dikenal. Bagi kaum ibu muda high di Aceh Tengah, forum ini dianggap mampu memberi pencerahan hati ke arah yang baik dan berkualitas. Itu terbukti setelah H2 melakukan aktifitas mengkaji “Kecerdasan Intelektual, emosional, dan spiritual” serta kajian “Manajemen Cinta”, yang berarti cinta kepada orang tua, anak, dan lingkungan.

H2 terbentuk dari sebuah obrolan biasa. Fitri Rupawan, pemilik Beutique di terminal, Takengon sering kedatangan langganan—yang tentu ibu muda—mereka kerap curhat soal keluarga dan lingkungannya, dan meminta Fitri memberi solusi. Namun tidak mudah, karena Fitri bukanlah sosok yang mengerti habis persoalan demi persoalan, dan Fitri merasa sang kakaklah yang seorang psikolog yang lebih tepat. Sejak itulah disampaikan Fitri soal teman-temannya, dan sang kakak Wahyuni, M. Psi, Psikolog menyambutnya.

Sejak itulah forum Habluminnallah Habluminannas (H2) terbentuk, dimulai dari anggota yang cuma belasan orang saja, cuma dalam waktu singkat berkembang, hingga pada pertmuan selanjutnya terus bertambah.

Bersama Anggota H2

Tentu saja, pengurus dan anggota H2 terus bekerja melakukan pengenalan lembaga yang khusus kaum ibu—tetapi juga tidak tertutup untuk kalangan pria, karena forum ini lebih mendorong hidup sebagai keluarga yang berkualitas, satu dan lainnya saling menberi dorongan untuk mencapai hakikat berkualitas tersebut.

Ketua H2 Fitri Rupawan mengatakan, forum H2 berdiri sebagai bentuk silaturahmi yang kuat, serta untuk berbuat bagi hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Itu sebabnya H2 sangat getol memperkenalkan hidup berkualitas, karena kaum perempuan memang kaum yang memulai pembangunan dari rumah, termasuk dalam mendukung aktifitas suami secara poisitf, begitu juga sebaliknya.

Dan tentu itu tidak mudah, namun anggota H2 yakin, niat baik akan mendapat “restu” baik pula, itu sebabnya H2 berupaya terus mendatangkan narasumber secara variasi dari kalangan terpelajar seperti Ustazah, professional, Psikolog, master hukum, dan lain-lain.

“Kita akan ajak siapapun untuk bergabung, termasuk dari ilmuwan perempuan dan kalangan professional.” Demikian Fitri. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Beri Komentar
Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya