Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Dinkes Aceh Selatan Realisasi Program Kunjungan Dokter Specialis ke Puskesmas

Tapaktuan – Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mulai merealisasikan program kunjungan dokter specialis yang bertugas di BLUD dr. Yulidin Away Tapaktuan ke Puskesmas-puskesmas dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Gebrakan ini merupakan tindaklanjut program kerja yang tertuang dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan, H. Azwir S.Sos – Tgk. Amran (Azam) yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dokter specialis dengan masyarakat digampong-gampong.

“Program kerja yang tertuang dalnam visi misi Bupati dan Wabup Aceh Selatan ini, langsung kita realisasikan dalam masa 100 hari kerja pemerintah Azam,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Drs. H.T Darisman kepada wartawan disela-sela meninjau pelayanan medis yang diberikan dokter specialis di Puskesmas Kota Fajar, Kluet Utara, Kamis (3/1/2019).

Menurutnya, program kunjungan dokter specialis ke seluruh puskesmas tersebut terus akan dilaksanakan secara berkelanjutan ke depannya.

Untuk hari pertama yang dimulai Kamis (3/1/2019), kunjungan dokter specialis di fokuskan dulu pada Puskesmas Blangkejeren, Kecamatan Labuhanhaji Barat dan Puskesmas Kluet Utara.

Untuk Puskesmas Kluet Utara dikunjungi oleh dokter specialis kandungan dr. Erizaldi Sp.OG dan dokter specialis bedah dr. Marwazi Sofyan Sp.B. Sedangkan Puskesmas Blangkeujeren, Labuhanhaji Barat dikunjungi dokter specialis penyakit dalam dr. Syahmadi Sp.PD dan dokter specialis anak dr. Nelli Sp.A.

“Para dokter specialis ini akan melakukan kunjungan ke seluruh puskesmas secara bergantian. Jadwalnya diatur sedemikian rupa, sehingga seluruh puskesmas rawat inap dapat dikunjungi. Jadwal ini akan disosialisasi kepada seluruh masyarakat, agar masyarakat dapat mengetahui dan memanfaatkan layanan jasa dokter specialis dimaksud pada kunjungan di puskesmas setempat,” papar Darisman.

Pantauan wartawan dilapangan, dokter specialis yang berkunjung ke dua puskesmas dimaksud selain melayani pasien yang baru datang hari itu, juga memberikan layanan visite ke ruang rawat inap.

Program kunjungan dokter specialis tersebut disambut antusias oleh masyarakat. Tingkat kunjungan pasien langsung meningkat drastis dikedua puskesmas dimaksud untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari dokter specialis.

Kepala Puskesmas Kota Fajar, Kluet Utara, Masribin Amd.Kep menyebutkan, ibu-ibu hamil yang memeriksa kandungannya ke dokter specialis mencapai 33 orang. Sedangkan pasien bedah sebanyak 4 orang.

Sementara Kepala Puskesmas Blangkeujeren, Darmansal SKM menyebutkan pasien penyakit dalam yang dilayani pada hari itu mencapai 30 orang ditambah pasien rawat inap yang di visite sekitar 17 orang. Sedangkan pasien anak-anak yang dilayani mencapai 20 orang ditambah visite ke rawat inap sekitar 5 orang.

Diapresiasi

Sementara itu, salah seorang pasien kandungan, Huswatun Hasanah, yang dimintai tangggapannya di Puskesmas Kluet Utara menyatakan bahwa pihaknya mengapresiasi program kunjungan dokter specialis ke puskesmas-puskesmas yang dicetuskan Bupati dan Wabup Aceh Selatan.

“Program ini sangat bagus, karena masyarakat yang tinggal jauh dipelosok kampung tidak perlu lagi harus ke Tapaktuan. Selain menghemat biaya, juga tidak perlu menghabiskan waktu lama-lama mengantri di rumah sakit,” ujarnya.

Warga berharap, program tersebut dapat ditingkatkan lagi ke depannya baik dari segi ketersediaan peralatan medis maupun tenaga dokter specialis agar pelayanan yang diberikan dapat lebih maksimal.

“Kami berharap kunjungan dokter specialis ini terus berlanjut dan rutin. Apakah satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Kemudian khusus untuk specialis kandungan, diharapkan tolong disediakan alat USG (Ultrasonografi). Sehingga ibu-ibu hamil yang ingin memeriksa kandungannya tidak serba tanggung karena harus pergi lagi ke Tapaktuan,” harapnya.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya