Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Donor Darah Jadi Prioritas Agenda Rutin Kemenag Singkil

Singkil – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Singkil bertekat memprioritaskan kegiatan Sosial Donor darah jadi agenda rutin tahunan atau enam bulan sekali untuk memenuhi stok persediaan darah di rumah – rumah sakit daera.

“Hal itu harus dilakukan karena berdasarkan informasi laporan dari panitia kita bahwa, kebutuhan darah di Rumah – rumah sakit Aceh Singkil baik RSUD maupun Puskesmas-puskesmas terus mengalami kekurangan stok darah,”

“Dipastikan pasien-pasien yang berada dirumah sakit sewaktu – waktu saban hari mereka membutuhkan transfusi darah dari para pendonor sukarela, sehingga stok kebutuhan darah harus terus tersedia, “jelasnya.

Artinya, lanjut Salihin, Kementerian Agama ikut berpartisipasi, bahwa setitik darah menyelamatkan jiwa manusia, dan itu perlu disadari masing – masing setiap individu.

Sementara target yang dicapai berapa kantong darah yang di dapat, ia menuturkan belum bisa dipastikan, karena hingga sampai saat sekarang ini sudah 37 orang masyarakat yang bersedia untuk mendonorkan darahnya.

Mengenai momen yang berkesan itu pihak Kemenag, kemungkinan akan terus melaksanakan kegiatan donor darah jadi agenda tahunan, bahkan mungkin bisa tiga bulan sekali dan memotivasi jajarannya.

Menyangkut hal itu, Kemenag Singkil sangat puas bahwa kegiatan donor darah salah satu rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 73, Keluarga besar Kementerian Agama (Kemenag) se indonesia yang digelar 4 hari berturut-turut diawal tahun Januari 2019.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Singkil Salihin Mizal, jum’at di Singkil mengatakan, sangat merasa puas, sebab beragam amal bhakti yang dimulai sejak 1 Januari hingga puncaknya 4 Januari 2018 ini, diikuti masyarakat dari berbagai kalangan dan antusias sekali.

Adapun kegiatan keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, kata Salihin, pada awal tahun 2019 ini, yaitu jalan sehat kerukunan yang terbuka untuk umum, Bhakti sosial di sejumlah Masjid-masjid, upacara hari amal bhakti, donor darah, dan acara puncaknya Khutbah Jum’at serentak.

Sementara Darwis Sampe dari pihak BFLF menambahkan, sangat mengapresiasi sekali kegiatan donor darah yang dilaksanakan Kemenag, sebab masyarakat Aceh Singkil sangat antusias sekali menyumbangkan darahnya, dan hal tersebut merupakan bukti betapa masyarakat Aceh Singkil besar sekali kepeduliannya terhadap kebutuhan darah yang dibutuhkan seseorang yang sangat membutuhkan.

“Dalam hal ini, kita terus menghimbau mengajak masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya, seberapa ada dan perlu kesadaran sehingga ini juga merupakan rahmat bagi kita yang patut disukuri,” ujarnya.

Sebenarnya, kata Darwis, sejakntahun 2017 lalu pihak Kemenag sudah membuat kegiatan donor darah, namun mungkin mereka kurang persiapan, pihak BFLF juga mau diajak waktu itu, namun Alhamdulillah di awal tahun 2019 ini akhirnya terlaksana.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya