Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Kodim 0107 Aceh Selatan Fokus Sukseskan Tiga Agenda Penting tahun 2019

Tapaktuan – Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0107 Aceh Selatan akan fokus menyukseskan tiga agenda penting pada tahun 2019.

Pertama menyukseskan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Kemukiman Manggamat, Kecamatan Kluet Tengah. Kedua menyukseskan agenda Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2019 dan ketiga menyukseskan operasi teritorial.

“Dari ketiga agenda penting tersebut, tentu yang lebih menyita perhatian kita adalah menyukseskan agenda Pemilu 2019. Karena pesta demokrasi lima tahun sekali itu digelar secara serentak,” kata Dandim Aceh Selatan, Letkol Inf R Sulistya Herlambang HB saat menggelar Coffee Morning dengan sejumlah wartawan di Warung Pojok RTH, Tapaktuan, Jumat (4/1/2019).

Acara yang dimulai dengan kegiatan senam pagi bersama itu berlangsung santai dan penuh keakraban.

Jumpa pers dengan rekan-rekan jurnalis baik yang bekerja dimedia cetak, elektronik dan online tersebut merupakan pertemuan perdana sejak ia resmi dilantik sebagai Dandim 0107 Aceh Selatan bulan Oktober 2018 lalu.

Pria asal Bojonegoro, Jawa Timur ini menjelaskan bahwa sasaran program TMMD yang akan berlangsung bulan Maret tahun 2019 adalah membuka jalan tani sepanjang 2.300 meter di Kluet Tengah. Jalan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para petani ditiga gampong masing-masing Koto, Sawah dan Malaka.

“Sebelumnya sudah ada jalan setapak, tapi lama kelamaan jalan itu makin tertutup rumput dan ilalang. Dengan kita buka kembali lebih lebar, akan makin memudahkan masyarakat mengangkut berbagai macam potensi hasil pertanian yang tersedia,” ucap dandim.

Program TMMD yang melibatkan tiga matra TNI yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) tersebut juga menyasar pembangunan bidang olah raga bagi pemuda Manggamat dengan cara membangun Lapangan Volly Ball. Tak hanya itu, TNI juga akan melakukan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) di Kecamatan Kluet Tengah sebanyak 5 unit.

Selain sasaran fisik, lanjut dandim, juga difokuskan sasaran non fisik, berupa sosialisasi wawasan kebangsaan ke masyarakat dan generasi muda agar bisa mengisi kemerdekaan ini dengan sepenuhnya sehingga bisa tampil dilevel kabupaten, provinsi hingga nasional.

Kemudian sosialisasi bahaya narkoba dan sosialisasi kartu nikah untuk membantu menyukseskan program pemerintah pusat dengan cara membangun kerja sama dengan pihak Kementerian Agama Aceh Selatan.

Terkait akan berlangsungnya Pemilu 2019, Dandim Aceh Selatan Letkol Inf R Sulistya Herlambang HB kembali menyatakan komitmennya bersama pejabat forkopimda lainnya didaerah itu untuk menyukseskan agenda negara tersebut.

“Peran serta kawan-kawan media tentu sangat dibutuhkan, kita harus bersinergi saling mendukung sesuai bidang tugas masing-masing. Media massa selain menyajikan pemberitaan yang menyejukkan juga bisa sebagai sarana sosialisasi bagi masyarakat luas agar masyarakat lebih cerdas dan bertanggungjawab dalam memberikan hak politiknya,” pinta dandim.

Menurutnya, kondisi keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2019 di Aceh Selatan berlangsung sangat kondusif. Secara keseluruhan, kata dia, tidak ada kendala yang berarti dilapangan.

Hanya saja, yang menjadi persoalannya adalah sampai saat ini komisioner KIP Aceh Selatan belum kunjung dilantik, sehingga tingkat pelantikan anggota PPK saja beberapa waktu lalu harus dilantik oleh komisioner KIP Aceh.

“Terkait jadwal pelantikan komisioner KIP Aceh Selatan ini sempat saya pertanyakan sama komisioner KIP Aceh. Anehnya, mereka pun menjawab belum mengetahui kapan jadwal pastinya,” beber dandim.

Diakhir arahannya, Dandim Aceh Selatan mengharapkan kepada insan pers di daerah itu agar tidak ikut serta memproduksi berita bohong alias hoax menjelang Pemilu 2019.

Ia berharap, pers di Aceh Selatan dapat berperan menangkal penyebaran berita-berita bohong tersebut. Jika ditemukan ada berita hoax, tolong diklarifikasi segera dengan cara meminta tanggapan narasumber pembanding yang lebih kredibel dan berkompeten. Jangan gara-gara ulah oknum tertentu merusak citra atau nama baik daerah,” harapnya.

“Mudah-mudahan, tiga agenda penting yang akan dilaksanakan di Aceh Selatan tahun 2019 bisa berjalan sukses, lancar dan aman. Saya ingin mewujudkan kondisi keamanan didaerah ini se-kondusif mungkin sehingga masyarakat nyaman beraktivitas. Mari kita dukung bersama program Bupati dan Wabup H. Azwir – Tgk. Amran yang sekarang ini lagi bersemangat dan gencar-gencarnya mewujudkan program visi – misinya untuk kesejahteraan masyarakat,” pungkas dandim.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya