Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

KKP Serahterimakan Cold Storage Seharga Rp 15 M ke Pemkab Aceh Selatan

Tapaktuan – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan telah melakukan serah terima bangunan Cold Storage yang dibangun di Gampong Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek senilai Rp 15 miliar lebih tahun 2017 lalu kepada Pemkab Aceh Selatan.

Penandatanganan Berita Acara serah terima antara Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Ir. Rifky Effendi Hardijanto (pihak pertama) dengan Bupati Aceh Selatan H. Azwir S.Sos (pihak kedua) tersebut, berlangsung di Kantor KKP, Jalan Medan Merdeka Timur No.16, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).

Turut hadir menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima aset tersebut antara lain Wakil Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, Plt. Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan Teuku Masrul serta beberapa pejabat KKP lainnya.

Dalam berita acara Nomor : BA.1/PDS/PL.420/I/2019 disebutkan bahwa sebagai tindaklanjut dari Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nomor : 89/KEP-DJPDSPKP/2017 tentang penerima bantuan pemerintah.

Yakni pembangunan Gudang Beku Terintegrasi (Integrated Cold Storage) tahun 2017, maka dalam rangka tertib administrasi pengelolaan barang milik negara dilingkungan Direktorat Jenderal PDSPKP, dengan ini kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan serah terima barang persediaan untuk diserahkan kepada masyarakat/pemda tahun anggaran 2017 dan 2018 pada satuan kerja direktorat pengolahan dan bina mutu.

Dengan ketentuan, pihak pertama menyerahkan kepada pihak kedua dan pihak kedua menerima penyerahan dari pihak pertama barang persediaan untuk diserahkan kepada pemda pada satuan kerja direktorat pengolahan dan bina mutu dengan perincian sebagaimana tercantum dalam lampiran yang menjadi bagian tidak terpisahkan.

Terhitung sejak ditandatangani berita acara tersebut, pihak kedua bertanggungjawab atas kepemilikan,pemanfaatan, pemeliharaan dan pengamanan atas barang yang telah diserahkan oleh pihak pertama termasuk melakukan pencatatan pada neraca pemda.

Dalam rangka pemanfaatan barang dimaksud pihak kedua berkewajiban menetapkan operator atau mitra kerjasama pemanfaatan barang yang diserahkan oleh pihak pertama dalam rangka mendukung pembinaan mutu dan peningkatan nilai tambah produk perikanan.

Menyampaikan laporan pemanfaatan barang dimaksud kepada Direktur Jenderal PDSPKP ditembuskan kepada Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu setiap 3 bulan sekali.

Pihak pertama akan melakukan monitoring atas pemanfaatan barang oleh pihak kedua secara berkala atau sewaktu-waktu dan apabila dipandang bahwa pemanfaatan barang oleh pihak kedua tidak sesuai dengan ketentuan dan tujuan pengadaannya.

Keterangan dihimpun dari Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan menyebutkan bahwa, Cold Storage berkapasitas 100 ton yang dibangun di kompleks PPI Labuhan Tarok Meukek sumber APBN tahun 2017 mencapai Rp 15 miliar tersebut merupakan jenis Cold Storage termodern kelas internasional.

Di Provinsi Aceh, hanya ada dua daerah yang mendapat kucuran proyek ini dari KKP tahun 2017 lalu yakni Aceh Selatan dan Simeulu.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya