Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Panwaslih Minta Parpol Pasang APK Caleg di Lokasi yang Telah Ditetapkan

Tapaktuan – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan meminta kepada seluruh partai politik (Parpol)  agar memasang alat peraga sosialisasi (APS) dan alat peraga kampanye (APK)  calon legislatif (Caleg) peserta Pemilu tahun 2019, mengikuti aturan pemasangan alat peraga kampanye yang lokasinya telah ditetapkan. 

Hal itu disampaikan Ketua Panwaslih Aceh Selatan,  Baiman Fadhli S.H saat menggelar konsolidasi dengan Polres dan Kodim 0107/Asel, Panwaslih Aceh Selatan,  KIP Aceh Selatan serta sejumlah pimpinan Partai Politik (Parpol) di Aula Mapolres, Jalan TR Angkasah, Tapaktuan, Selasa (8/1/2019).

“Pimpinan partai politik harus memberi pemahaman kepada calegnya, agar memasang APK di lokasi yang telah ditentukan oleh KIP maupun Pemkab Aceh Selatan,” himbaunya.

Sementara itu,  Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST dalam paparannya mengajak pimpinan partai politik dan pihak terkait lainnya agar bersama – sama menciptakan suasana pelaksanaan pileg dan pilpres tahun 2019 berjalan aman, damai dan kondusif.

“Kami siap mendampingi Panwaslih dan Satpol PP untuk menertibkan pemasangan APK di lokasi – lokasi yang bertentangan dengan aturan,” tegasnya.

Selain itu lanjutnya, Ketua Parpol agar   tidak memberitakan maupun menerima begitu saja berita hoax yang bisa memicu suasana ricuh dan gaduh. Sehingga dapat mengganggu pelaksanaan pemilu.

Kapolres juga mengimbau kepada peserta Pemilu 2019,  saat kampanye hendaknya   menyampaikan hal – hal atau isu – isu yang positif kepada masyarakat.

“Dan jangan terlalu cepat terpancing atau percaya terhadap isu – isu yang dilemparkan kepada partai politik yang sifatnya mengadu domba atau hoax,” ucapnya.

Disisi lain, Kapolres AKBP Dedy Sadsono menyatakan, bahwa sebelum melakukan kampanye, ketua partai politik terlebih dahulu mengurus surat izin keramaian kepada kepolisian.

Karena menurutnya,  ada beberapa kegiatan caleg yang belum melapor.  Untuk itu saat menggelar keramaian nanti sebelum harinya, agar melapor dan mengurus izin.

“Sehingga jangan sampai ketika ada kegiatan, izin keramaian belum keluar,” tuturnya.

Ketua Panwaslih Aceh Selatan Baiman Fadhli SH menambahkan,  sistem pemasangan APK maupun APS seharusnya sesuai Keputusan KIP Aceh nomor 45/PL.01.4-Kpt/11/prov/X/2018 tentang penetapan lokasi pemasangan alat peraga kampanye pemilihan umum tahun 2019 di Kabupaten Aceh Selatan.

“Juga sesuai surat Bupati Aceh Selatan nomor : 270/703/2018 tentang penentuan lokasi alat peraga kampanye tanggal 27 September 2018,” sebutnya.

Sebenarnya, persoalan ini telah diindahkan oleh peserta pemilu sejak masuknya tahapan kampanye pada 27 September lalu. Namun sejak satu bulan terakhir pemasangan APK maupun APS di berbagai lokasi di daerah itu makin marak bahkan menabrak aturan sehingga terlihat sangat semrawut.

“Kondisi paling parah itu terlihat sejak satu bulan terakhir.  Lokasi pemasangan APK maupun APS jelas belum sesuai aturan yang dikeluarkan oleh KIP dan Pemkab Aceh Selatan,” pungkasnya.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya