Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Cikal Bakal Pesawat Terbang

Pencetus Konsep Penerbangan Pertama Namanya Abbas bin Firnas

HAMPIR semua orang di dunia mengetahui bahwa pencetus penerbangan pertama adalah Wright Bersaudara, yaitu Orville Wright dan Wilbur Wright. Memang benar bahwa mereka berdua merupakan penemu teknologi penerbangan yang mampu menerbangkan “Wright Flyer 1” dan kemudian menjadi catatan bersejarah dalam dunia penerbangan. Pesawat buatan mereka itu pun menjadi pesawat pertama yang ada di dunia.

Namun sesungguhnya, mereka berdua bukanlah orang yang menjadi pencetus konsep penerbangan pertama. Lalu sebenarnya siapakah pencetus konsep penerbangan pertama di dunia?

Berita Terkait

Sebelum si kembar Wright Bersaudara memperkenalkan penemuan mereka, seorang ilmuan Islam di Andalusia (Spanyol) telah menciptakan konsep penerbangan pada masa kekhalifahan Bani Umayyah.

Ia adalah Abbas bin Firnas, ya dialah orang yang pertama kali menemukan dasar-dasar konsep pesawat terbang pertama dalam sejarah ilmu pengetahuan. Abbas bin Firnas menjadi manusia pertama yang terbang di dunia dan bahkan ia melakukan penerbangan tersebut ribuan tahun sebelum Wright Bersaudara dilahirkan.

Abbas bin Firnas memiliki nama lengkap Abu al-Qasim Abbas bin Firnas bin Wirdas at-Takurini al-Andalusi al-Qurthubi. Beliau lahir pada tahun 810 M di Izn-Rand Onda, Al-Andalus atau yang kini dikenal sebagai Ronda, Spanyol. Abbas bin Firnas adalah seorang ilmuan, fisikawan, kimiawan, teknisi, sekaligus penyair Arab yang merupakan keturunan Berber. Ia menjalani kehidupannya di Cordoba, tepatnya pada abad ke-2 hingga abad ke-3 Hijriah dalam masa kekhalifahan bani Umayyah II.

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya