Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

AGC Tanam 5000 Pohon di Dataran Tinggi Gayo

Blangkejeren – Aceh Green Community (AGC) menanam 5000 batang pohon di sepanjang aliran sungai Pining Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh dalam rangka memperingati Hari Sejuta Pohon Sedunia.

Ketua umum AGC, Suhaimi di Blangkejeren, Kamis (10/1) mengatakan, program tanam 5000 batang pohon disepanjang sungai Pining di Keamatan Pining tersebut terlaksana berkat bekerjasama dengan pemkab Gayo Lues.

Selain di sepanjang sungai, kami juga menanam pohon pada lahan kritis di empat kampung, yakni, Desa Gajah, Desa Uring, Desa Pepelah dan Desa Pintu Rime. Masing-masing kampung kami tanam sebanyak 1.250 batang pohon,” ujarnya.

Suhaimi berkata, bahwa kegiatan tanam pohon tersebut dibuka secara simbolis oleh Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru di kulem kolak, Desa Gajah, kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues.

“Ada tujuh jenis pohon yang kami tanam, diantaranya jenis pohon Aren sebanyak 2.000 batang, pohon mahoni 1.100 batang, pohon Pinang 600 batang, pohon Sengon 600 batang, pohon Petai 300 batang, pohon Asam Jawa 300 batang dan pohon Ketapang 100 batang,” terang Suhaimi.

Suhaimi melanjutkan bahwa selama ini AGC bekerja sama dengan Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika Serikat USAID Lestari dalam rangka menjaga hutan dari ancama kerusakan.

“Perlu kita ketahui, hutan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Berbicara hutan berarti kita bicara tentang masa depan anak cucu kita,” ungkapnya.

Oleh karena itu kegiatan gemar menanam pohon ini harus kita lakukan secara terus-menerus, bukan sekedar seremonial, kita wajib menjaga alam ini untuk anak-anak kita di masa yang akan datang, katanya.

Sementara itu Bupati Gayo Lues, H.Muhammad Amru dalam sambutannya mengatakan bahwa 10 Januari merupakan hari sejuta pohon sedunia, dan harus kita sadari kegiatan semacam ini tidak boleh sekedar seremonial saja, harus ada tindak lanjut dengan cara penanaman pohon sebagai lanjutan dari kegiatan ini.

“Ini sekaligus sebagai bukti keseriusan kita untuk menjaga lingkungan hutan di kabupaten Gayo Lues,” Kata Bupati Amru.

Amru juga berkata dengan kehadiran dan kegiatan Aceh Grend Community telah mengetuk kesadaran masyarakat kabupaten Gayo Lues bahwa, betapa pentingnya untuk menjaga dan mengelola lingkungan hutan dengan baik.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada Aceh Grend Community yang telah bekerja keras menyadarkan masyarakat kabupaten Gayo Lues, khusunya di kecamatan Pining untuk sadar menjaga lingkungannya,” tutup Bupati Amru.

Lamporan Hamsani dari Gayo Lues

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya