Harian Aceh Indonesia
HARIANACEH.co.id

Dana Desa

Warga Demo Minta Usut Dugaan Korupsi Dana Desa, Dewan Setuju!

MEULABOH  – Ratusan Warga Aceh Barat, kamis (10/01/18) melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor DPRK setempat, massa menuntut agar hasil audit dana desa yang dilakukan inspektorat beberapa bulan lalu terus ditindak lanjuti, karena menurut hasil audit diduga  telah terjadi penyalah gunaan dana Desa di Aceh Barat.

Massa yang menamakan dirinya Forum Masyarakat Anti Korupsi tersebut di-keordinir oleh Musliadi, mereka mulai mendatangi kanto DPRK sekitar pukul 09.00 WIB menggunakan truk dan pic-up hingga berakhir ke kantor Kajari Meulaboh, massa menuntut agar dugaan korupsi dana Desa setempat diproses secara hukum.

Wakil Ketua DPRK Samsi Barmi, didepan massa mengaku setuju dugaan penyalah gunaan dana Desa di Aceh Barat harus dituntaskan secara hukum, berdasarkan temuan tim audit beberapa bulan lalu, “terkait dugaan tindak pidana korupsi dana Desa di Aceh Barat harus diusut” katanya.

Samsi Barmi meminta kepada pengunjuk rassa agar tenang, Dewan akan menyurati Bupati dan aparat penegak hukum, supaya dugaan korupsi dana Desa segera diproses. mendegar peryataan itu, Sorak sorai terdengar dari kerumunan massa.

Meskipun tim audit telah menemukan kejanggalan pengunaan dana Desa, namun butuh pembuktian secara hukum, tidak bisa serta merta menuding pihak Desa yang diduga telah melakukan korupsi,  sebab untuk membuktikan itu ranahnya kajari, namun harus dituntaskan sebagaimana temuan tim audit tersebut, ujar Barmi.

Ia berjanji, hari ini juga surat rekomendasi akan dikirimkan ke Bupati Aceh Barat dan Kajari agar keinginan warga dapat terwujud.

Seperti diketahui massa yang datang dari berbagai desa di Aceh Barat tersebut menuju kantor DPRK sekitar pukul 9.00 WIB, usai menyampaikan aspirasi disana. Sekitar pukul 10.30 WIB menuju kantor kejaksaan Negeri setempat untuk menyampaikan hal serupa.

Aksi yang dikawal sejumlah personil polisi dari Polres Aceh Barat, berakhir hingga pukul 12.30 WIB dan selanjutnya massa membubarkan diri.[]

Beri Komentar
Loading...

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. TerimaSelengkapnya